Kirab HUT Klenteng Hok Tik Bio Bagian Keragaman Budaya

-- --
Forkopimda didukung FKUB dan Ormas se Kabupaten Rembang saling dukung jaga toleransi antar umat menuju stabilitas kondisifitas wilayah Rembang

Rembang-Panitia peringatan dan perayaan hari ulang tahun Klenteng Hok Tik Bio Rembang ke-161 pada bulan depan mengagendakan kirab ritual budaya yang diikuti peserta dari luar daerah. Untuk itu perlu dilakukan koordinasi secara intensif dengan aparat keamanan supaya prosesi berjalan dengan lancar dan aman.

Feri salah satu panitia saat dihubungi belum dapat memberikan keterangan berapa banyak peserta yang akan meramaikan kirab ritual budaya. Pasalnya pelaksanaan masih cukup lama yakni tanggal 10 September mendatang dan undangan sudah disebar ke klenteng lain baik dalam maupun luar kota namun belum ada yang memastikan kehadirannya.

Sambung Feri kegiatan utama memang berupa kirab ritual budaya dan tentunya koordinasi dengan aparat keamanan terus dijalin supaya kegiatan berjalan lancar. Tak hanya itu, pihaknya juga telah membahasnya dengan FKUB diminta untuk turut serta berpartisipasi mensukseskan dan tak menutup kemungkinan akan mengundang ormas untuk menosialisasikan agenda yang disiapkan berikut minta dukungan bersedia terlibat dalam pengamanan terhadap semua acara yang diagendakan.

Terpisah, Komandan Kodim 0720 Rembang Letkol Darmawan Setiady  menegaskan selaku penanggung jawab teritorial keamanan wilayah setempat tentu jajarannya disiapkan untuk melakukan pengamanan maksimal atas seluruh rangkaian prosesi perayaan HUT Klenteng Hok Tik Bio karena salah satu kegiatannya selain melibatkan peserta luar daerah pastinya akan ditonton ribuan orang sehingga perlu mendapat perhatian serius.

Menurut Letkol Darmawan Setiyadi etnis China di Indonesia merupakan bagian dari elemen bangsa, oleh karena itu tidak lagi harus dibedakan. Mereka juga memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan warga lainnya dalam bela negara, oleh karenanya adat dan istiadatnya diakui menjadi bagian kekayaan seni budaya bangsa dan perlu didukung manakala ditampilkan.

Ditambahkan, momen kirab ritual budaya yang akan diikuti peserta dari kelenteng luar daerah tentunya menjadi daya tarik bagi warga setempat dan sekitarnya. Pihaknya yakin dukungan penuh akan diberikan oleh elemen masyarakat kabupaten Rembang, karena belum lama ini dalam rakor yang diadakan Forkopimda bekerja sama dengan FKUB di aula Mapolres Rembang telah ditandatangani kesepakatan untuk menjaga dan melestarikan toleransi dalam mewujudkan kondosufitas wilayah Rembang. (heru budi s )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::