Kualitas Pengelola TBM Dipekuat

-- --

Usai terima Bintek diharap Pengelola TBM makin semangat gelorakan budaya literasi di Rembang

Rembang-Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang melalui Seksi Pendidikan Masyarakat Bidang Pendidikan Non Formal memberikan peningkatan kualitas SDM pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Diwujudkan pembinaan bimbingan teknis (Bintek) sistem pengadministrasian, katalogisasi koleksi buku bacaan dan penataan ruangan supaya membuat warga tertarik datang dan betah membaca di TBM.

Kasi Dikmas Agus Sugiyanto selaku penanggung jawab kegiatan menerangkan saat ini di Kabupaten Rembang tercatat ada 25 unit TBM yang tersebar di 14 Kecamatan. Bintek yang digelar di Gedung PKPRI Rembang ditujukan untuk pengelolanya guna meningkatkan kualitas kinerja menangani salah satu tempat membudayakan literasi yang diampu.

Menurut Agus sapaan akrabnya biasanya Bintek diberikan oleh Dinas terkait tingkat provinsi dan hanya ditujukan seorang pengelola TBM saja, sementara terhitung tahun ini pemda sudah mencanangkan Kabupaten Literasi sehingga perlu percepatan mempersiapkan tenaga pustakawan agar siap mensukseskannya. Untuk itu pihaknya menyelenggarakan Bintek kepada pengelola TBM karena mereka termasuk garda terdepan dari gerakan literasi di wilayah setempat. 

Disinggung pengembangan sarpras TBM yang tidak mungkin menerima dana hibah lantaran terganjal ketentuan yang mengatur, Agus sampaikan saat penutupan Bintek pihaknya memberi masukan kepada peserta supaya melalukan pendekatan dengan pemdes masing-masing. Sebab penambahan koleksi buku dan sarpras lain diadakan secara swadaya untuk itu perlu diupayakan tercover dalam ADD atau Dana Desa dalam pos anggaran pemberdayaan masyarakat dalam rangka mensukseskan budaya literasi di desa.

Agus tambahkan budaya literasi memang perlu digelorakan oleh semua pihak tidak hanya oleh Pemkab dan SKPD terkait saja demi mewujudkan cita-cita tercapainya warga negara yang sejahtera dan cerdas. Dimana salah satu tolok ukurnya yakni melek huruf baik berkemampuan baca dan tulis yang dimiliki semua warga.

Terpisah, Kholishoh salah satu pengelola TBM di Kecamatan Sluke mengatakan Bintek yang diikutinya membuat dia dan rekan lain makin paham dalam mengatur dan mengelola ranah tugasnya selama ini. Berkat bekal kepustakawanan yang diterima dari semula asal menata koleksi buku bacaan kini sudah disusun sesuai dengan katalog per jenis materi sehingga memudahkan pengunjung dalam mencari bahan bacaan. ( heru budi )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::