Linmas Kecamatan Rembang Dilatih Cegah Terorisme Radikalisme

-- --

Kapolsek Rembang AKP Sunarmin pesan keberadaan orang asing di desa harus dicermati dan dimintai identitasnya

      Rembang- Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) inti Kecamatan Rembang sebanyak 21 personel pada kamis (4/8/) menerima pembinaan dan gemblengan serta pelatihan mencegah terorisme berikut radikalisme yang mungkin muncul di wilayah tugasnya. Kegiatan berlangsung di Mapolsek Rembang Kota, bertemakan “Terorisme Bertentangan Dengan Agama, Aksi Bom Bunuh Diri Perbuatan Dosa”.

Kapolsek Rembang, AKP Sunarmin dalam arahannya mengatakan Linmas adalah polisinya desa, bertugas membantu menjaga keamanan, ketertiban, ketentraman masyarakat, pro akfit dalam kegiatan sosial masyarakat, mengajak masyarakat agar lebih peduli dengan lingkungan sekitar. Selain itu juga menjadi sarana berbagi informasi sekecil apapun kepada aparat keamanan.

Sambung AKP Sunarmin, Linmas sekaligus mitra polisi dalam mendapatkan\ informasi mengenai suatu desa utamanya yang berkaitan dengan adanya embrio gerakan terorisme dan radikalisme. Apabila ada orang baru atau pendatang baru masuk ke desa harus dimintai identitas lengkap berkordinasi dengan Ketua RT/RW,  Babinkamtibmas atau Babinsa setempat.

           Berikutnya dipesan agar Linmas selalu mengikuti perkembangan suatu desa, apabila terdapat gerakan yang mencurigakan segera melapor ke polisi sebagai bentuk dteksi dini terkait dugaan sebagai pelaku tindak pidana dan kemungkinan yang bersangkutan sedang menggalang kekuatan membuat gerakan yang memecah belah persatuan wilayah.

Ditemui usai memberikan arahan AKP Sunarmin menjelaskan dengan adanya pembinaan ini dapat menambah pengetahuan anggota Linmas terkait upaya mendeteksi dan mencegah berkembangnya terorisme dan radikalisme di wilayah hukum Polres Rembang sekaligus ditujukan mempererat hubungan mereka dengan pihak kepolisian. Linmas merupakan sarana menjaga keamanan desa, diantaranya ikut mengawasi keberadaan orang asing atau tidak kenal di wilayah masing-maing.


Ditambahkan, mereka sah saja memeriksa dan meminta identitas tamu yang menginap tak melapor ke keamanan wilayah setempat, termasuk pendatang yang kost atau kontrak. Tak hanya hal tersebut, pastinya juga aktif mencegah peredaran miras dan obat-obatan terlarang serta narkoba. (heru budi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::