Momentum Mengingat Sejarah Dan Nguri Budaya

-- --

Ibu-Ibu Lomba Tampi Beras

Pamotan – Masih dalam semangat ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71, berbagai kegiatan digelar untuk menyemarakkannya mulai dari perlombaan, pentas seni, tasyakuran, dan masih banyak lagi.

Tak mau ketinggalan untuk turut memeriahkan HUT  kemerdekaan RI ke-71, warga RW 07 dukuh Sambikalung desa Pamotan kecamatan Pamotan baru-baru ini menggelar lomba dengan tajuk mengangkat tradisi lokal.

Ketua RW 07 dukuh Sambikalung desa Pamotan Trimo mengatakan, lomba digelar selama beberapa hari dengan peserta mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Lomba dengan peserta anak-anak meliputi lomba klereng, balap karung, balap balon berpasangan, pecah air, catur, dan sepak bola.

Rangkaian lomba semakin meriah ketika para ibu berkompetisi memperebutkan juara satu lomba tampi beras sambil bergoyang. Sesi lomba inilah yang paling heboh karena jaman sekarang memang jarang didapati ibu-ibu menampi beras, sehingga saat lomba peserta tampak sangat kesulitan bahkan hanya sibuk bergoyang dan tidak memperhatikan beras yang ditampi. 

Trimo menambahkan, selain tampi beras ada lomba lain yang tak kalah heboh yakni lomba gobag sodor yang dimainkan ibu-ibu. Maksud dari adanya lomba tersebut tak lain adalah untuk nguri tradisi lokal dan memperkenalkan permainan gobag sodor pada generasi sekarang yang sudah tidak mengenalnya. 

Salah satu peserta lomba, Ragil Yuntari sangat senang dengan perayaan agustusan kali ini meskipun ia gagal meraih juara pertama dalam lomba tampi beras. Ia mengaku sangat kesulitan saat menampi beras apalagi harus sambil bergoyang. Tentu saja kesulitan karena ia tidak pernah melakukannya sebelumnya. 

            Untuk menutup rangkaian kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71 ditutup dengan lomba karaoke, penerimaan hadiah dan makan tumpeng bersama warga RW 07 dukuh Sambikalung. ( Warih Puspita Arum )

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::