Pelopor seni tradisional

-- --
Pentas karawitan SDN Sendang Asri Lasem

Lasem-Untuk melestarikan seni budaya jawa agar tetap berkembang,  lestari dan tidak  tergerus dengan berbagai  seni budaya yang ada, pihak SDN Sendang Asri Kecamatan Lasem melakukan pengkaderan, khususnya  dalam bidang seni tradisional meliputi seni karawitan dan seni tari.

Kepala SDN Sendang asri Zuhdi mengatakan, pembinaan berkesinambungan yang di lakukan para guru pembimbing membuat seni Karawitan SDN Sendang Asri terus eksis sebagai pelopor kesenian karawitan dan seni tari tingkat siswa SD di Kecamatan Lasem dan kabupaten Rembang.

 Sejauh ini untuk  pengkaderan  di mulai dari siswa kelas 1 sampai dengan kelas enam, untuk siswa kelas satu dan kelas dua diperkenalkan dengan  tehnik dasar karawitan dengan penguasaan gending lancaran dengan tembang  Rembang bangkit dan gansaran ketawang mijil baru.

Di lanjutkan ke jenjang berikutnya dengan gending ketawang dan ladrang yang biasa dimainkan siswa kelas empat kelas lima dan kelas enam. Selain seni karawitan seni tari juga sudah menjadi bagian dari SDN sendang asri dengan berbagai tarian yang sudah di kuasai seperti tari Bambangan cakil yang biasa dimainkan secara bersama oleh siswa kelas satu sampai dengan kelas lima. Selain itu tari bondan, manik purenjug biasa dimainkan di berbagai even, dengan iringan karawitan siswo suko laras yang di mainkan siswa SDN sendang asri kecamatan Lasem.

            Zuhdi menambahkan pihak sekolah juga mempunyai cara sendiri agar pembinaan seni karawitan tidak terputus yakni mulai dari kelas satu dan kelas dua anak sudah di perkenalkan dengan aneka gamelan dan gending serta seni tari  memasuki kelas tiga sampai dengan kelas enam.

Para siswa juga di ajarkan dengan olah seni karawitan dan seni tari sehinga SDN Sendang Asri tidak kehabisan siswa dalam olah seni Karawitan dan seni tari, banyak sudah alumni SDN sendang asri yang di rekrut sebagai waranggono dan penabuh gamelan oleh dalang terkenal maupun pelaku seni yang ada di kabupaten Rembang Blora dan Pati. (heri sugiharto )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::