Tersendat Masalah Pemasaran, UBK Pandan Lestari Berhenti Beroprasi

-- --
Sisa Produksi Sabun Mangkrak Dan Belum Laku Di   Pasaran


Pancur – Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah telah menetapkan berbagai kebijakan pembangunan dan pengembangan perdesaan. Salah satunya  sejak tahun 2015 pemerintah mengembangkan program Usaha Bersama Komunitas (UBK) melalui Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Pada tahun 2015, wilayah kabupaten Rembang telah dipilih dua desa yang mendapat program Usaha Bersama Komunitas (UBK) yaitu desa Tuyuhan dan Pandan kecamatan Pancur. Dua desa ini bergabung menjadi satu Usaha Bersama Komunitas (UBK) “Pandan Lestari”. Namun sayang, baru beberapa bulan berjalan program ini tersendat karena beberapa alasan.

Sugiarsih koordinator produksi UBK Pandan Lestari mengatakan, kendala terbesar yang dialami UBK Pandan Lestari adalah dalam hal pemasaran. Sebanyak tiga jenis produk sabun seperti Sabun Cream (Pandan Ayu), Sabun Pakaian Cair (Pandan Wangi), dan Sabun Cuci Piring (Pandan Sari) belum banyak dikenal oleh masyarakat sehingga mereka masih ragu menggunakan ketiga produk tersebut. 

Dikatakan, dalam hal pemasaran sebenarnya sudah dilakukan berbagai upaya antara lain mendistribusikan produk ke toko/warung sekitar bahkan mengikuti pameran dalam Rembang Expo beberapa waktu lalu. Namun angka penjualan masih sangat rendah. Minimnya penjualan tentu berimb as pada pendapatan dan laba, hal ini menyebabkan para anggota tidak ada pemasukan yang akhirnya satu persatu dari mereka hengkang dari UBK Pandan Lestari. Selain pemasaran dan tenaga kerja, masalah lain yang dihadapi UBK Pandan Lestari adalah terkait pemodalan, dan pengemasan

Sugiarsih menyadari bahwa untuk memulai usaha memang perlu banyak tantangan sebelum meraih sukses. Diharapkan pada anggota yang masih bertahan bisa menggali inovasi untuk mempertahankan dan memajukan UBK Pandan Lestari, sehingga bantuan berupa peralatan, bahan baku, dan lain sebagainya tidak mengkrak seperti belakangan ini. ( Warih Puspita Arum )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::