91 Desa sudah ODF

-- --
Kepala DKK Ali Syofi'i menyebutkan masih sekitar 203 desa dan kelurahan belum mendeklarasikan desa ODF

Kragan-Kepala DKK Rembang, dr Ali Syafi'i mengungkapkan saat ini baru 91 desa yang sudah ODF. Artinya masih kurang 203 desa dan kelurahan yang harus segera mendeklarasikan diri sebagai desa bebas buang air besar sembarangan. Hal tersebut disampaikan pada kegiatan  sarasehan kesehatan di halaman Puskesmas Kragan II, hari Rabu (31/8).

Ali menyebutkan Tahun ini Dinas kesehatan sedang memverifikasi 71 desa kelurahan. Rencana 85 desa terentaskan tahun 2016 ini tercapai, dan syukur-syukur bisa terlampaui.

Meskipun yang odf baru 91, dalam hal akses masyarakat terhadap jamban yang sehat sudah mencapai 82 persen. Namun khusus Kecamatan Kragan baru 70 persen,sehingga PR semua pihak wilayah Kragan untuk program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ) cukup besar. Sementara tantangan terberat dalam mensukseskan Rembang ODF 2017 yakni di wilayah pantai. Pasalnya Rembang memiliki panjang pantai lebih dari 62 kilometer.

 Bupati Rembang, Abdul Hafidz dalam kesempatan tersebut mengingatkan kepada para Kepala Desa se kecamatan Kragan bahwa ODF tak semata-mata program, tetapi lebih kepada penyehatan masyarakat. Karena kotoran manusia yang dibuang sembarangan akan menyebabkan penyakit.

Sehingga lanjut bupati butuh komitmen bersama -sama mulai Camat hingga Kades untuk menyelesaikan persoalan BABS. Karena target 2017 ODF selesai. Setelah itu kita adakan hajatan besar sebagai rasa syukur.

Berdasarkan data dari kecamatan, desa yang sudah berstatus ODF baru tujuh,sementara yang belum 20 desa. Tahun ini yang sudah diajukan untuk diverifikasi diantaranya Kebloran,Balongmulyo,Tanjung,Kendalagung,Mojokerto, Tanjungsari dan Tegalmulyo, Narukan,Pandangan,Woro dan Sumbersari. Harapannya semua lolos verifikasi dan sisanya bisa menyusul tahun 2017.( mufti affandi )


Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::