Antisipasi Pilkades Tak Kondusif, Kodim Rembang Ambil Peran

-- --
Komandan Distrik Militer (KODIM) 0720 Letkol Infanteri Darmawan Setiady saat pertemuan sarasehan bersama

Rembang-Komandan Distrik Militer (KODIM) 0720 Letkol Infanteri Darmawan Setiady Kamis (22/9) mengaku siap melakukan beackup tugas Polisi dalam Pilkades 2016 yang rawan konflik. Hal itu mengingat jumlah anggota polisi belum seimbang dengan jumlah penduduk Kabupaten Rembang. 

Menurut Darmawan, berdasarkan data dan informasi, Pilkades sering terjadi permasalahan ketika hasil pemilihan Kepala Desa yang tidak sesuai dengan keinginan.  Hal tersebut dikarenakan rendahnya pemahaman masyarakat tentang Pilkades.

Ia menerangkan, sesuai dengan undang-undang no.5 tahun 2015 tentang penangan konflik sosial. Perbandingan kekuatan standar oprasional keamanan diwilayah Kabupaten Rembang, dengan jumlah penduduk 600 ribu, idealnya jumlah polisi di Rembang berjumlah 6000. Meskipun di personil kepolisian dirasa masih kurang, tetapi hal itu dapat di inisiasi dengan TNI.

Darmawan menyebut, perbedaan satu suara dinilai pemicu kerusuhan antar pendukung calon dalam setiap pilkades. Dandim juga menyampaikan, diminta atau tidak, pihaknya akan mengambil tindakan ketika pilkades di Rembang tak kondusif. 

Bupati Rembang Abdul Hafidz sudah melakukan himbauan, kepada para camat agar menggiatkan Siskamling pada saat sebelum atau sesudah Pilkades serentak. Bahkan, ia berjanji siap melakukan operasi malam saat pemilihan kepala desa bersama Kapolres dan Komandan Kodim. Mengenai jadwal siskampling, pihaknya akan mengkoordinasikan kepada muspika terkait.( Asmui )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::