Calon kepala desa bisa dari luar desa

-- --
Bupati dan wakil bupati jumpa pers nengan wartawan 

Rembang-Calon kepala desa (Cakades), dalam pemilihan kepala desa (pilkades) bisa berasal dari masyarakat yang berdomisili di luar desa yang mengadakan hajatan pilkades. Hal itu disampaikan oleh Bupati Rembang- H. Abdul Hafidz, saat jumpa pers, hari senin (5/9).

Bupati mengatakan ketentuan cakades yang ingin meramaikan pilkades tak harus dari warga setempat itu seiring adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pasal 33 UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, mensyaratkan bakal calon petinggi harus terdaftar sebagai penduduk dan ber tempat tinggal di desa setempat paling kurang satu tahun sebelum pendaftaran pilkades.

Ternyata ada putusan Mahkamah Konstitusi No 128/ PUU-XIII/2015 pada 2 Agustus 2016 yang membatalkan ketentuan tersebut.

Bupati menambahkan dengan adanya perubahan regulasi itu sehingga jadwal pilkades di 45 desa yang direncanakan pada bulan Oktober 2016 ini, diundur lagi. Sedangkan  terkait pengisian sekretaris desa yang kosong akan diisi setelah pilkades.

Sementara untuk sekretaris desa Pegawai Negeri Sipil (PNS), nantinya akan didata dulu. Apabila tidak dibutuhkan oleh desa akan ditarik oleh pemerintah kabupaten untuk ditempatkan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang membutuhkan.(Masudi )

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::