Distanhut Pantau Ketat Hewan Kurban

-- --
Sapi warna merah lebih digemari pembeli

Rembang-Tim pemantau kesehatan ternak dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang aktif turun ke lapangan terhitung sepekan sampai H plus 3 Idul Adha. Fokus perhatian menyasar kesehatan hewan kurban bebas dari penyakit membahayakan dan layak untuk disembelih.

Kepala Bidang Peternakan Agus Iwan Haswanto menjelaskan tim pemantau berjumlah 45 orang terdiri 5 dokter hewan dan lainnya bagian tekhnis kesehatan. Mereka bertugas memeriksa kesehatan hewan ternak mulai dari kelompok-kelompok peternak sapi, kambing dan domba sekaligus mendata populasi hewan ternak secara menyeluruh dan siap didagangkan menjelang Idul Adha.

Lanjut Agus Iwan tim pemantau kesehatan bertangungjawab atas kepastian kelayakan hewan ternak yang didagangkan menjelang Hari Raya Kurban, harus memenuhi persyaratan yang berlaku diantaranya cukup umur dan tergolong sehat serta sesuai dengan ketentuan syariah agama. Hal tadi dapat diketahui dari pemeriksaan gigi dan suhu badan mengacu ketentuan layak disembelih dan dikonsumsi.

Menurut Agus Iwan pantauan kesehatan hewan ternak sebelum Idul Adha dilakukan di lokasi perdagangan baik pada pasar atau tempat pengepulan dan penitipan. Sedangkan selama perayaan Hari Raya Kurban terus dilakukan pemeriksaan daging dan khususnya jerohan di lokasi penyembelihan apabila ditemukan cacing pita maka barang tersebut tidak
diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Ditambahkan harga jual ternak hewan kurban cenderung naik menjelang Idul Adha, dibanding hari biasa selisih harga mencapai 1-2 juta rupiah. Dari beberapa keterangan para peternak sapi yang dikunjungi diperoleh penjelasan sapi warna putih siap potong ditawarkan kisaran Rp15 juta per ekor dan jenis sapi merah dibanderol antara Rp 18 sampai Rp20 juta per ekor, untuk kambing dan domba dibanderol antara Rp 3 hingga 5 juta bahkan diatasnya dipengaruhi tampilan fisik paduan bobot tubuh, warna dan tanduk. ( heru budi s )

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::