Dukung Budidaya Cacing

-- --
Bupati dan wakil bupati bersama anak-anak 

Rembang-Bupati Abdul hafidz menaruh perhatian khusus terhadap  budidaya cacing.  Karena tidak hanya kaya protein saja tetapi juga bernilai ekonomi tingi. Hal tersebut dismapaikannya saat menghadiri acara sedekah bumi di desa Ngadem kecamatan Rembang kemarin (18/9).

Bupati mengatakan pemkab berupaya menindaklanjuti melalui proses perencanaan anggaran yang ada, harapan kedepannya dari budidaya ini dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat. Sehingga bisa menjadi alternatif usaha bagi masyarakat untuk menambah penghasilan.

Bupati juga sangat senang dengan diadakannya festival agrikultur yang di gelar panitia. Utamanya tentang pelatihan gratis budidaya cacing yang ternyata tidak hanya kaya protein saja tapi juga bernilai ekonomi tinggi.

Rasdadik, ketua panitia festival Agrikultur Rembang 2016 menyebutkan panitia memang mengadakan pelatihan cara budidaya cacing gratis untuk umum selain lomba tentang pertanian dan pacuan kuda.  Pelatihan bisa untuk perseorangan maupun kelompok tani.

Budi daya cacing ini juga bisa menggandeng peternak kambing maupun sapi,karena budidaya ini juga bisa memanfaatkan sapi dan kambing. Misalkan dari sapi dan kambing, susunya digunakan untuk fragmentasi kapsul cacing, sedangkan kotorannya untuk media hidup dan pakan cacing.

Rasdadik menyebutkan Hasil produksi dari bahan cacing ini memiliki nilai ekonomi yang cukup menjanjikan dan ramah lingkungan, karena tidak ada limbah yang dibuang. Produksi yang dihasilkan dari budidaya ini nantinya siap digunakan dalam bentuk ikan sidat, obat kapsul, dan pur atau pelet untuk pakan ikan.

Terkait penjualan juga tidak perlu dikhawatirkan, karena banyak yang akan membelinya. Contoh perusahaan kecantikan,farmasi hingga produsen pupuk sangat membutuhkan. Tak hanya itu saja pembeli cacing hasil budidayanya juga berasal dari peternak ikan dari Jepara.( Mufti affandi )
.

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::