Genjot Produksi Kedelai, Dinas Pertanian Kucurkan Bantuan

-- --
Pertanian saat memberikan bimbingan kepada para petani Kedelai di Kecamatan Kragan


Rembang-Sebagai upaya dalam meningkatkan produksi kedelai di Kabupaten Rembang, Dinas Pertanian Kabupaten Rembang, meluncurkan bantuan kepada para petani kedelai untuk mendongkrak hasil produksi kedelai. Bantuan diberikan berupa benih kedelai, pupuk pendorong produksi dan semuanya diberikan secara gratis.

Kepala Bidang Dinas Pertanian Kabupaten Rembang Sukaryo Rabu siang (28/9) menjelaskan, hasil panen kedelai di Kabupaten Rembang, terhitung masih rendah. Menurutnya, target panen kedelai di Jawa Tengah, Rembang harus memenuhi target 1,3 ton / tahun. Sedangkan saat ini, Rembang baru mampu menyediakan stok kedelai 1,1 ton / tahun.

Sukaryo mengaku, harga yang tidak menjanjikan seperti tanam yang lain, yang menjadi faktor para petani enggan menanam kedelai. Hingga saat ini, pemerintah kabupaten Rembang mempunyai lahan kedelai seluas 1700 Hektar yang mendapatkan bantuan dari pemerintah. Yang terbagi di tiga Kecamatan, diantaranya Pamotan, Sarang dan Kragan.

Sukaryo menambahkan hasil produksi panen padi di Kabupaten Rembang, masih bisa dikatakan surplus. Meski belum bisa melakukan ekspor, beras di Kabupaten Rembang masih ada lebihan stok yang bisa digunakan untuk memenuhi stok beras yang ada di Kabupaten lain.

Sedangkan untuk produksi jagung di Kabupaten Rembang, semuanya di kirim di luar kota untuk memenuhi pakan ternak, perusahaan peternakan yang ada di sekitar Rembang. Dengan luasan lahan jagung di Kabupaten Rembang, 30.000 hektar. 

Melalui work shop dan sosialisasi, Sukaryo berharap minat para petani untuk menanam kedelai di Rembang dapat terwujud. Selain itu, bantuan benih kedelai dan pupuk pendorong produksi dapat membantu biaya tanam yang dikeluarkan oleh para petani. (ASMUI)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3612838853950004768

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::