Jumlah Hewan Qurban Meningkat

-- --
Temuan cacing hati oleh tim pemantau kesehatan hewan qurban 

Rembang-Hewan ternak yang disembelih pada Idul Adha dari tahun ketahun diketahui bertambah jumlahnya. Data Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang terdata kenaikan menyeluruh pada 3 jenis hewan ternak untuk qurban meliputi sapi, kambing dan domba.

Kepala Bidang Peternakan Agus Iwan Haswanto menginformasikan tahun lalu ternak sapi yang dipotong sebanyak 530 ekor, sedangkan pada 2016 ini mencapai 672 ekor. Campuran data kambing dan domba dari 874 menjadi 4.001 ekor.

Agus Iwan Haswanto sampaikan adanya tambahan tersebut bisa diartikan kesejahteraan hidup warga muslim ada kenaikan di tahun ini. Sehingga mewujudkan rasa syukur atas nikmat yang dterina dengan melakukan qurban.

Disinggung temuan jerohan hewan qurban berkatagori tak layak konsumsi, Agus Iwan Haswanto terangkan ada tambahan 2 kasus dari sebelumnya menjadi 5. Tahun lalu ditemukan 3 kasus cacing hati dan kali ini ada 4 berikut satu pada jerohan paru-paru yang dinyatakan tak layak konsumsi dan harus dimusnahkan. 

Ditambahkan, temuan jerohan bermasalah pada Idul Adha tahun ini terdiri temuan cacing hati pada hewan sapi yang disembelih di Desa Karas Kecamatan Sedan, Desa Jadi Kecamatan Sumber, Desa Joho dan Mrayun Kecamatan Sale.

Sedangkan satunya lagi yakni di paru-paru sapi hewan qurban yang disembelih oleh Sekolah Muhammadiyah Rembang  dari pemeriksaan diketahui pernah mengidap radang paru-paru dengan kerusakan jaringan lebih dari 50 persen. ( heru budi s )


Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::