Mendapatkan Pengarahan, Tasik Agung Siap Dirikan BUMD

-- --
Warga Tasik Agung saat mengikuti bimtek BUMDES di Balai Desa setempat

Rembang-Setelah mendapatkan Pembekalan dari Badan pemberdayaan masyarakat perempuan dan keluarga berencana. BPMPKB di balai Desa Tasik Agung belum lama ini  (22/9). Pemerintah desa setempat mengaku siap mendirikan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDES. Demikian disampaikan oleh Kepala Desa Tasik Agung Mochammad Riyanto di balai Desa setempat.

Riyanto menjelaskan, tahun depan Tasik Agung baru berencana untuk mendirikan sebuah badan usaha milik Desa. Sementara itu, melimpahnya hasil laut yang ada di Desa tersebut belum dapat dikelola melalui sebuah wadah seperti BUMDES.

Mengenai teknis pelaksanaan, Riyanto mengaku sudah mendapatkan petunjuk yang diberikan oleh bidang pemberdayaan masyarakat BPMPKB Kabupaten Rembang.

Sementara itu, bidang pemberdayaan masyarakat BPMPKB Sutarwi kepada reporter CB Fm menjelaskan, keberadaan BUMDES di setiap Desa, Selain dapat meningkatkan pendapatkan Desa, BUMDES juga mampu menginisiasi dana Desa jika sudah tidak dikucurkan.

  Menurut Sutarwi, dengan BUMDES, Desa tidak mengalami ketergantungan terhadap dana Desa. Jika sewaktu-waktu kebijakan dana Desa berubah, Desa masih mempunyai pendapatan melalui usaha milik Desa.

Ia mengaku, sudah ada 28 Badan Usaha Milik Desa yang sudah terbentuk di Kabupaten Rembang. Bagi badan Usaha milik Desa yang sudah terbentuk, sudah ada pendamping disetiap Desa yang senantiasa melakukan pendampingan.

  Mengenai keberadaan sebuah badan usaha milik Desa disetiap Desa, menurut Sutarwi tidak menjadi keharusan. Ia menimpali, jika ada unit usaha di sebuah desa maka dapat menyejahterakan masyarakatnya sendiri jika dapat dikelola dengan benar ( Asmui
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::