Peduli Penghijauan Rembang dinilai provinsi

-- --
Rombongan saat meninjau di pantai karangjahe 

Rembang-Kabupaten Rembang tahun ini mendapat nominasi penilaian lomba Bupati/Walikota Peduli Penanaman Pohon Tahun 2015 Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Sebelum meninjau beberapa lokasi penghijauan, rombongan tim penilai  diterima oleh Bupati Rembang,H.Abdul Hafidz di kantor Bupati.(13/9)

Bupati mengatakan penghijauan di Rembang tidak hanya mengandalkan dari pemerintah saja baik pemerintah daerah, provinsi ataupun pusat tapi juga atas kepedulian dari pihak lain seperti TNI/Polri, BUMN, Swasta maupun kelompok masyarakat.

            Disebutkan, dalam satu tahun penanaman pohon di Rembang bisa terlaksana 10 – 20 kali. Tanaman yang dipilih untuk penghijauan adalah tanaman yang tidak terlalu membutuhkan banyak air hal ini dikarenakan Kabupaten Rembang termasuk salah satu daerah dengan curah hujan yang rendah.

            Ketua rombongan penilai,Raharjo mengatakan, pada lomba Bupati peduli penanaman pohon tingkat provinsi tahun 2015 ini ada tiga kriteria penilaian.  Diantaranya keberadaan kelompok kerja, kemudian bibit yang ditanam, dan keberadaan aktivitas posko bibit.

Raharjo menjelaskan  lomba tersebut sebagai motivasi untuk mensukseskan program pemerintah gerakan penanaman 1 milyar pohon. Tujuannya sangat banyak mulai dari aspek lingkungan untuk konservasi, dari aspek ekonomi pohon bisa untuk bahan baku industri dan bisa diambil buahnya.

Sementara itu,Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dintanhut) kabupaten Rembang, .Suratmin menyebutkan untuk wilayah kabupaten Rembang sudah sekitar 800 ribu pohon ditanam dalam program satu milyar pohon.  Penghijauan dilakukan diberbagai lokasi mulai dipantai hingga pegunungan.

Tim penilai mengunjungi sejumlah titik penghijauan didampingi Kepala Dintanhut,Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Rembang (BKP & P4K )BKP dan P4K, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Rembang,Kodim  0720/Rembang, serta dari Polres. Mereka meninjau di beberapa titik seperti hutan mangrove Banggi, pantai desa Pasar Banggi, Pantai Karangjahe, di desa Sendangcoyo Lasem  dan beberapa titik lainnya.

Untuk pemenang akan mewakili Provinsi Jawa Tengah maju tingkat nasional bulan oktober mendatang ( mufti affandi )


Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::