Pustaka Lentera Mendapat Penghargaan Juara 1 Perpusdes Tingkat Kabupaten

-- --
Beberapa Pengelola Memperlihatkan Piala Penghargaan




Gunem – Setelah vakum selama tahun 2011 s/d 2012, “Pustaka Lentera” perpustakaan desa Trembes kecamatan Gunem aktif lagi bahkan tahun ini kembali menyabet juara 1 lomba perpustakaan desa tingkat kabupaten Rembang.  Sebelumnya, “Pustaka Lentera” juga pernah meraih penghargaan yang sama pada tahun 2010.

Salah satu pengelola perpustakaan Andi Chaerul Anam mengatakan, keberhasilan “Pustaka Lentera” menjadi juara pertama tak lepas dari semangat pengelola dan anggota perpus. Tujuan utamanya adalah menyediakan tempat bagi masyarakat terutama anak-anak untuk berkegiatan positif seperti membaca. 

Kemudian Andi bersama pengelola lain berinisiatif mengaktifkan kembali perpustakaan tersebut dengan memungut iuran Rp. 2000 bagi tiap anggota. Hasil iuran digunakan modal menjual makanan ringan yang labanya dimasukkan ke dalam kas. Pendanaan perpustakaan juga dilakukan dengan menjual sampah atau barang bekas yang sebelumnya dikumpulkan oleh para anggota. 

Sementara untuk pengadaan buku, pihaknya mendapat bantuan dari para donatur. Pengelola tidak pernah enggan menawarkan siapapun yang berkunjung apabila mungkin ingin memberikan bantuan buku baik bekas maupun baru. Hingga saat ini  koleksi buku “Pustaka Lentera” meliputi buku pelajaran SD/SMP/SMA, kamus, buku cerita/novel, dan buku islami, sedangkan buku yang disertai dengan karakter masih sangat kurang padahal buku tersebut yang paling diminati anak-anak.

Andi menambahkan, ia beserta para pengelola yang lain sebenarnya tidak menyangka tahun ini “Pustaka Lentera” bisa mendapatkan penghargaan karena memang sebelumnya tidak pernah ada kunjungan penilaian dari kabupaten. Tiba-tiba saja pada tanggal 21 September 2016 kemarin ada tamu dari kantor Perpustakaan dan Arsip (Putasip) Kabupaten Rembang menyerahkan penghargaan juara 1 perpustakaan desa tingkat kabupaten berupa piala, piagam, dan uang pembinaan.

Untuk menambah semangat anak-anak, ”Pustaka Lentera” sering mengadakan kegiatan outdoor. Hal ini bertujuan agar mainset anak tidak menganggap membaca/belajar adalah kegiatan yang membosankan, melainkan ada banyak inovasi yang bisa dilakukan di tengah kejenuhan. Dalam waktu dekat ini rencananya akan diadakan kegiatan bersih desa dengan berkeliling desa untuk mengumpulkan sampah. (Warih Puspita Arum )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8739838917648554219

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::