Ratusan Siswa SMA Diajak Nobar Film

-- --

Pamotan – Pernikahan usia anak jelas-jelas sangat merugikan bagi anak tersebut. Banyak kesempatan emas yang akan terampas saat seseorang melakukan pernikahan di bawah usia, seperti kesempatan mendapatkan pendidikan, kesempatan mengeksplorasi potensi bersama teman sebaya, dan yang paling memprihatinkan pernikahan usia anak sangat berbahaya bagi keselamatan ibu dan anak karena organ reproduksi sang ibu yang belum siap dibuahi,

selain itu pernikahan anak juga berkontribusi peningkatan angka kemiskinan. Menyadari hal itu, sekarang ini mulai ada penyampaian informasi terkait pencegahan pernikahan usia anak oleh berbagai pihak. Seperti yang dilakukan SMA Negeri 1 Pamotan baru-baru ini. Melalui media film pendek berjudul “SELAPUT” karya Baba Basalama..

Kepala sekolah SMA N 1 Pamotan Pusmi Indiyati mengatakan, nonton bareng atau dalam bahasa anak mudanya “nobar” digelar baru-baru ini di aula sekolah dan disaksikan seluruh murid secara bergilir, dimaksud agar anak didik lebih mengutamakan pendidikan hingga jenjang yang lebih tinggi dan menunda usia pernikahan.

Dalam sejarah SMA N 1 Pamotan para alumnusnya memang sebagian besar melanjutkan ke perguruan tinggi, namun masih ada yang tidak melanjutkan kemudian menikah. 

Salah satu siswi kelas 12 A’imatul Mu’ayadah mengatakan, setelah menyaksikan film SELAPUT Ia semakin mantab untuk memutuskan konsentrasi dalam pendidikan sebelum memikirkan pernikahan. Gadis yang bercita-cita menjadi desainer ini ingin lulus dengan nilai memuaskan dan diterima di perguruan tinggi yang diidamkannya. A’im pun sadar akan pernikahan dini dampak negatifnya lebih besar dari pada dampak positif. 

SELAPUT juga mengajak penontonnya agar menghindari berpacaran karena berpotensi pada hal negatif dan mengganggu prestasi siswa. ( Warih Puspita Arum )

Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::