Remaja Diminta Selektif Terima Pertemanan di Medsos

-- --
Ketua FWR Sarman Wibowo tegaskan lebih baik pertemanan di medsos dengan orang yang dikenal saja

Sale-Para remaja putri diminta tak tertipu foto profil seseorang yang mengajak pertemanan di akun media sosial miliknya. Pasalnya sering kali upaya pengaburan identitas tersebut berujung mala petaka yang merugikan masa depan.

  Umam pemateri media sosial pada road show pelatihan jurnalistik Forum wartawan Rembang mengatakan hal tersebut di depan 60 siswa/siswa SMKN Sale belum lama ini, sekaligus mengingatkan peserta yang berusia remaja agar lebih berhati-hati dalam menanggapi pertemanan di akun media sosial yang dimiliki. Sebab tak semua orang memanfaatkan medsos untuk tujuan positif, beberapa diantaranya bermaksud memetik keuntungan sesaat dengan mengelabui orang yang diajak berteman.

  Seperti halnya yang baru-baru ini terjadi sambung Umam yaitu adanya 5 gadis yang menjadi korban pencabulan oleh seorang pria yang mengaku sebagai anggota TNI dan berkenalan dengan para korban melalui akun medsos. Pelaku mengaburkan identitas dan memasang foto lelaki muda berwajah menawan padahal yang bersangkutan telah berusia 41 tahun dengan tujuan permintaan pertemanan disetujui.

  Umam sebutkan akibatnya berdampak kelima gadis tadi menjadi korban tindak asusila akibat kurang berhati-hati saat menyetujui pertemanan, bahkan memenuhi permintaan pertemuan empat mata. Untuk tu perlu selektif dalam memenuhi permintaan pertemanan dan diusahakan tak perlu menanggapi apabila di kumpulan foto yang bersangkutan hanya ada foto profil saja, dimungkinkan memang akan melakukan hal-hal tak diinginkan.  

  Ditambahkan, hal seperti itu bukan baru kali ini terjadi dan terus berulang karena terlalu percaya dengan foto profil dari para pelaku yang memasang wajah pemuda untuk menarik perhatian. Kasus lain memang pelaku berusia muda dan pintar membujuk, kemudian membawa lari gadis dari pertemanan di medsos dengan dalih akan diajak jalan-jalan dan mengalami pencabulan selama berdua dengan yang bersangkutan.

  Ketua FWR Sarman Wibowo saat menutup pelatihan menyatakan kepada peserta khususnya remaja putri supaya mengindahkan materi yang disampaikan Umam, karena bermula dari ketertarikan wajah menawan di medsos bisa berakibat hancurnya masa depan. Dipesan supaya menyetujui pertemanan untuk orang-orang yang dikenal saja, sebab usia ABG masih labil dan mudah menjadi korban oknum tak bertanggung jawab yang paham dengan kondisi psikologis tersebut. ( heru budi s )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8037850476214246359

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::