Tingkatkan Fungsi Pengawasan, BPD Kaliori Di BekaliPelatihanPengawasan.

-- --
BPD se kecamatan kaliori mendapatkan pembekalan

Kaliori-Dalam rangka meningkatkan kinerja dan fungsi pengawasan di tingkat Desa, pada Selasa (20/9) Badan permusyawaratan Desa (BPD) dari 23 Desa yang ada di Kecamatan Kaliori mendapatkan pembekalan, Diantaranya mengenai tugas pokok BPD dan mekanisme pengawasan yang harus dijalankan oleh Badan Pengawas Desa. 

Kasubag Pemerintahan Desa bagian tata pemerintahan desa setda  Rembang Gunari dalam kesempatan itu menyampaikan, pada tahun lalu BPD beranggapan berwenang melakukan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan secara global. Ia menimpali, sejak adanya undang-undang no.6 tahun 2014, BPD hanya melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

  Selain itu, ia menghimbau agar BPD tidak disibukan dengan hal yang kecil yang menjadi tanggung jawab Kades beserta perangkatnya. Gunari tak mengingkari, meski sudah ada aturan yang jelas, masih ada BPD yang melakukan pengawasan yang melampaui kewenangan kepalada Desa. Namun dengan adanya pembekalan seperti ini, Anggota BPD mampu memahami fungsi dan tugas pokoknya dalam melakukan pengawas di tingkat Desa.

Salah satu anggota BPD Desa Dresi Wetan Nyono menyampaikan, jika masih ada anggota BPD di beberapa Desa yang kurang faham tugas dan fungsi keberadaan BPD di tingkat Desa. Ia menambahkan, sudah seharusnya bagi anggota baru tugas pokok seorang anggota BPD. Meski ini dinilai hal teknis, pengertian kepada semua anggota BPD pemula sudah menjadi keharusan. 

Nyono berharap, dengan adanya pembekalan seperti ini mampu meningkatkan kinerja BPD di Kecamatan Kaliori. Selain itu, dengan sudah diadakannya sosialisasi tugas pokok dan fungsi BPD, tidak ada lagi anggota BPD yang menyalahi undang-undang. ( Asmui )
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::