Uji coba mesin transplanter atau mesin tanam padi

-- --
poktan ketam desa Seren uji coba transplanter

Sulang-Kelompok Tani (Poktan) Ketam Desa Seren Kecamatan Sulang bersama seluruh anggotanya kemarin menyaksikan uji coba mesin transplanter atau mesin tanam padi modern mesin ini  merupakan bantuan dari Dinas Pertanian dan kehutanan Kabupaten Rembang untuk meningkatkan cara tanam petani dari cara tanam tradisional ke cara tanam modern.

Ketua poktan Ketam desa Seren Satrian mengatakan uji coba mesin transplanter merupakan uji coba pertama kalinya dalam penggunaan mesin tanam modern karena selama ini petani masih mengunakan cara tradisional.

Awal uji coba tidak berjalan mulus, akan tetapi, secara perlahan anggota poktan paham dengan cara pengoperasiannya, sehingga uji coba bisa berjalan dengan mulus, mesin tanam terbaru sangat membantu meningkatkan produktivitas petani karena bisa memangkas waktu menanam padi.

Bila menggunakan cara tradisional tanam padi satu hektar bisa menghabiskan waktu satu minggu lebih akan tetapi bila mengunakan transplater tanam padi 1 hektar hanya butuh waktu satu hari dengan 2 orang tenaga kerja, selain itu tanaman juga sudah menggunakan sistim jajar legowo dan cara pembenihan juga sudah menggunakan tehnologi modern.

Dengan menggunakan trey atau nampan dengan ukuran 20x60  bisa menampung 250 gram benih padi, yakni mempermudah cara tanam karena benih sudah di tebar sesuai ukuran yang akan di masukan ke mesin tanam.

Satrian menambahkan, mesin tanam akan di pergunakan bagi seluruh anggotanya, sedangkan untuk pengelolaanya anggota harus mengisi khas usai mengunakan mesin tersebut hal tersebut di lakukan untuk perawatan. (  heri sugiharto )


Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::