Berdayakan KBD Penuhi Nutrisi Keluarga

-- --
Tim BKP4P Tinjau KBD desa karas kecamatan Sedan
Sedan cbfmrembang.com, Guna memenuhi kebutuhan bahan pangan bernutrisi, Kelompok Wanita Tani (KWT) desa Karas kecamatan Sedan adakan Kebun Benih Desa (KBD). Benih yang disediakan meliputi benih sayuran, buah-buahan, dan benih lele. 

Ketua KWT desa Karas melalui salah satu anggotanya Farikhah mengatakan, KBD mulai diadakan tahun 2016.  KBD merupakan kegiatan dari Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Peyuluhan, Pertanian, Peternakan (BKP4P) kebupaten Rembang, dan sebagai pelaksananya adalah KWT desa setempat. Dimulai dengan bantuan dana dari BKP4P sebesar 15 juta rupiah untuk pengadaan peralatan dan benih. 

Kegiatan KBD meliputi pengadaan bibit dan polibag, kemudian bibit diambil tiap anggota yang berjumlah 22 orang untuk ditanam di pekarangan rumah masing-masing. Karena ditanam di polibag, maka lahan yang diperlukan tidak begitu luas. Setelah dirawat dengan baik tentu tanaman akan segera berbuah dan hasilnya bisa dikonsumsi.

Dengan adanya KBD, dapat menumbuhkan kesadaran bahwa pengadaan bahan pangan bernutrisi seperti sayur dan buah bisa diusahakan sendiri meskipun hanya di pekarangan rumah. Intinya adalah untuk pemenuhan nutrisi keluarga atau dikonsumsi sendiri, baru selebihnya bisa dijual.

Diharapkan, KBD dapat terus dikembangkan. Tidak menutup kemungkinan hasil panen akan dijual dan uang hasil penjualan bisa digunakan untuk membeli benih tanaman lain.(Warih Puspita Arum )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 4060462945839349411

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::