Elpigi langka dikeluhkan warga

-- --
Pakalan LPG 3 Kg di jalan senawi terlihat kosong dan tersusun terkunci rapat
Rembang-cbfmrembang.com, Beberapa hari belakangan banyak warga pengguna gas elpiji 3 kilogram atau tabung melon mengeluh sulit untuk memperolehnya, jika didapat dari pengecer dihargai Rp22 ribu per tabung. Ada dugaan terjadinya pelanggaran atas terpakainya barang bersubsidi tersebut ke sejumlah usaha yang tak termasuk sebagai konsumen.

Seperti yang dikeluhkan Soni warga Dukuh Kedungdoro Kelurahan Leteh Kecamatan Rembang, dari pengakuannya dalam  dua minggu terakhir kesulitan memperoleh elpigi di pangkalan tempatnya biasa membeli. Membuat dia dan para tetangga harus mencari ke pengecer dengan harga Rp.22 ribu dari semestinya HET sebesar Rp15.500. Itupun tak setiap saat  bisa mendapatkan jika sewaktu-waktu membutuhkan.

Hal yang sama juga dikeluhkan Subeki penjual makanan di jalan pemuda Rembang, bahwa akhir-akir ini juga kesulitan untuk mendapatkan gas elpigi , kalaupun dapat harganya sudah melambung tinggi diatas Rp. 20 ribu. 

Kabid Energi dan Migas pada Dinas ESDM Kabupaten Rembang, Imam Teguh Susatyo saat dikonfimasi menyebutkan bahwa  stok tabung melon selepas Idul Ftri kemarin mestinya tak ada gejolak, sebab ada kenaikan fluktuatif sebanyak 10 persen. Periode September jumlahnya sekira 350 ribuan tabung. Sedangkan terkait dugaan adanya penyalah gunaan pada kalangan usaha peternakan ayam apabila memang benar adanya tentunya harus segera dihentikan untuk mencegah terjadinya kelangkaan.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinperindagkop dan UMKM Kabupaten Rembang Munthoha  berdalih  hingga kemarin (20/10)   belum menerima informasi secara pasti wilayah-wilayah yang warganya kesulitan mendapat tabung melon. 

Menurut Munthoha mestinya stok tabung melon di pasaran tak langka lantaran jumlahnya lebih dari rumah tangga sasaran penerima dan pelaku usaha mikro yang berhak menggunakan. Hanya saja memang ada rumor yang menyebutkan kini disejumlah usaha baru jenis peternakan ayam turut memanfaatkan elpigi tabung melon yang seharusnya tidak dibolehkan. Insert Munthoha elpiji

Munthoha mengatakan guna mengetahui  sejauh mana kebenarannya tentu harus disidak dan didukung laporan yang valid, Warga diminta bersedia melaporkan adanya penyalah gunaan distribusi tabung melon yang tak sesuai peruntukannya untuk ditindaklanjuti.

Tambah Munthoha terkait adanya dugaan penyalahgunaan penggunaan untuk usaha peternakan ayam pihaknya terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan Dintanhut guna mendapat data jumlah usaha peternakan ayam di wilayah Rembang dan  mengecek ke KPPT (kantor pelayanan perijinan terpadu) terkait legalitas perijinannya. Apabila  ditemukan penyalah gunaan tentu tak serta merta dijatuhkan sanksi, tetapi  akan diberikan sosialisasi untuk pencegahannya, Namun  bila di kemudian hari masih membandel akan ditindak tegas.( heru budi s )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 7857251868462641211

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::