Hafidz : "Nelayan Di Rembang Belum Siap, Berpaling Dari Cantrang"

-- --
Bupati Rembang, H Abdul Hafidz saat menerima keluhan para nelayan terkait peraturan mentri tentang pelarangan alat tangkap jenis cangkrang 
Rembang - cbfmrembang.com, Bupati Rembang H Abdul Hafidz menyatakan permohonan kepada Pemerintah Pusat, untuk kembali melakukan perpanjangan terkait dengan aturan yang melarang penggunaan jaring cantrang untuk para nelayan yang ada di Kabupaten Rembang.

Menurutnya, para nelayan di Rembang, dinilai belum siap untuk meninggalkan alat tangkap berjenis tersebut, dalam proses penangkapan ikan, lantaran para nelayan terlanjut menanggung hutang. Demikian disampaikan oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz saat melakukan kunjungan di tempat pelelangan ikan, TPI Tasik Agung Rembang, pada Jum'at (28/10).

Menurut Hafidz, bulan Desember yang akan datang, menjadi batas akhir penggunaan cantrang, yang telah diberikan selama dua tahun, sejak aturan pelarangan penggunaan alat tangkap jenis cantrang bagi para nelayan dikeluarkan melalui surat edaran mentri kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti.

Hafidz juga perpendapat, sebenarnya nelayan di Kabupaten Rembang, berkeinginan untuk mengganti alat tangkap jenis cantrang, seiring dikeluarkannya Peraturan Mentri Nomor 2 tahun 2015 lalu.

Hafidz mengatakan, dari 300 jumlah kapal yang menggunakan alat tangkap jenis cantrang, baru 5 kapal yang beralih untuk meninggalkan alat tangkap yang menjadi larangan pemerintah tersebut.

Sebagai Kepala Daerah, Hafidz pun mengaku sudah mengupayakan sejumlah langkah bagi para nelayan yang masih mengalami ketergantungan dengan alat tangkap jenis cantrang. Diantaranya, mengirimkan surat permohonan kembali untuk diperpanjang, penggunaan alat tangkap jenis cantrang bagi nelayan di Kabupaten Rembang, sampai semua hutang para nelayan terlunasi.

Di tengah permohonannya, Hafidz mengaku siap untuk patuh, dengan keputusan Pemerintah Pusat. Pasalnya, jika berbicara regulasi atau, atauran, ia menyatakan tidak bisa bicara apa-apa. 

Ia mengaku, permohonan memperpanjang lagi penerapan larangan cantrang sudah disampaikan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti secara langsung bersama perwakilan nelayan di Kabupaten Rembang.(ASMUI)

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 2976433609031987528

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::