Jelang Pilkades Serentak, Rakor Penanganan Konflik Digelar

-- --
Kasat Intelkam Polres Rembang AKP Anton memaparkan jenis kerawanan ekses pilkades serentak yang patut diperhatikan
Rembang cbfmrembang.com, Sebagai upaya antisipasi konflik yang terjadi pada saat pelaksaan pemilihan Kepala Desa atau Pilkades, membuat sejumlah pihak terkait melakukan langkah koordinasi untuk selanjutnya dilakukan antisipasi.

Pemkab Rembang melalui Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kamis (13/10), melakukan koordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini, TNI-Polri dan Forkopimda.  Bertempat di Gedung Hijau komplek Rumah Dinas Wakil Bupati Rembang, Tim terpadu penanganan konflik sosial, membahas sejumlah agenda, diantaranya, upaya antisipasi dan pencegahan, serta penanganan konflik sebelun dan sesudah penghitungan suara.

Kepala Kesbangpolinmas Kartono sebagai penyelenggara kegiatan menyampaikan, acara ini sebagai wujud koordinasi, sinkronisasi dalam penanganan konflik sosial selama pelaksanaan pilkades. Ia menambahkan, setelah diadakannya koordinasi dapat terbangunnya kesefahaman, visi misi dan dalam penanganan konflik sosial tahun 2016, dengan harapan peran tim terpadu dapat meningkatkan kewaspadaan, menurutnya, selisih suara dapat memicu terjadinya konfil antar pendukung calon.

Sementara itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz yang berkesempatan hadir mengatakan, tim terpadu harus mampu mendeteksi sekaligus langkah antisipasi gejala konflik sosial selama plkades serentak di Kabupaten Rembang.  Hafidz berharap, semua pihak intens dalam berkomunikasi, kepada masyarakat.

Kasat Intelkam Polres Rembang AKP Anton dalam paparannya
menyebutkan, tugas pokok Polri dalam penanganan konflik sosial selama pelaksanaan penindakan setiap konflik, yang mengarah pada terjadinya kerusuhan serta tindakan anarkis, mengacu pada protap yang berlaku.  Selain itu, Langkah yang diambil untuk melokalisir meluasnya konflik, juga mulai titerapkan dengan penegakan hukum.

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda Rembang, Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto, Pj Sekda Hari,  Assisten 1 Subakti, Kepala Kesbangpolinmas Kartono beserta staf, dan SKPD terkait. Adapun mewakili aparatur keamanan hadir Kasat Intelkam Polres Rembang AKP Anton,  dan Pasi Intel Kodim 0720 Rembang Kapten Inf Mustamir. ( Heru Budi S, )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 1923740450320232474

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::