Penetapan DPT tentukan Besaran anggaran pilkades

-- --
Kabag tata pemerintahan setda Rembang Akhsanudin
Rembang-cbfmrembang.com, Besaran anggaran dalam  pelaksanaan Pilkades serentak di 43 desa nantinya berbeda. Penentuannya ditentukan oleh  jumlah daftar pemilih tetap  (DPT) . Karena dari Penetapan DPT inilah nantinya akan dijadikan dasar desa tersebut  mendapatkan alokasi besaran anggaran.

Menurut keterangan kepala bagian Tata pemerintahan sekda Rembang Akhsanudin, sesuai dengan ketentuan Pemilih kurang dari 1500 orang  akan mendapatkan alokasi anggaran sekitar Rp. 32 Juta, pemilih antara 1501-3000 orang  Rp. 37 juta , dan pemilih lebih dari 3000 orang mendapatkan alokasi anggaran sekitar Rp. 42 Juta, Pemkab Rembang sendiri  telah mengalokasikan anggaran APBD sebesar Rp 1,5 Milliar. 

Akhsanudin menyebutkan  menjelang pelaksanaan pilkades serentak ini Persiapan sudah mencapai 50 persen lebih. Sesuai tahapan pilkades dari sisi anggaran sudah disiapkan dan tinggal panitia mengusulkan alokasi anggaran sesuai hasil penetapan DPT.

Sedangkan  hingga berakhirnya pendaftaran pilkades  pada jumat lalu (14/10)  semua desa penyelenggara pilkades serentak  sudah memiliki calon, namun masih ada  di dua desa yang belum memenuhi syarat sesuai  ketentuan  dalam perbup pilkades yang tidak memperbolehkan ada calon tunggal atau lebih dari 5 orang .

Ada calon tunggal berasal dari desa karaskepoh kecamatan pancur, sedangkan desa Waru Rembang memiliki 6 calon kades. Untuk desa yang memiliki calon tunggal pendaftaran akan diperpanjang hingga sepekan, jika hingga masa perpanjangan masih ada calon tunggal maka akan ditunda.  

Untuk desa yang memiliki lebih dari 5 calon kades panitia pilkades tingkat kabupaten segera menyeleksi, sehingga dapat ditentukan lima calon yang berhak lolos mengikuti seleksi tahapan selanjutnya. Disamping itu  sesuai ketentuan terbaru  pendaftaran bakal calon pilkades boleh luar penduduk desa. ( Mufti affandi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3303015271040495941

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::