Rembang Inves Pendongeng Nasional

-- --
Salah satu peserta lomba dongeng saat tampil 
Rembang – cbfmrembang.com, Sebagai wujud  pelestarian potensi sejarah yang ada di Kabupaten Rembang, Selasa pagi (25/10) Kantor Perpustakaan dan Arsip (Pustasip) menggelar lomba mendongeng tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat. Bertempat di sanggar kebudayaan komplek Museum RA Kartini puluhan siswa sekolah tersebut memperlihatkan aksi mendongengnya di hadapan dewan juri.

Kepala Perpustakaan dan Arsip daerah Kabupaten Rembang, Edi Winarno menjelaskan, tujuan diadakannya lomba Dongeng, untuk siswa sekolah SD sampai dengan SMA tersebut, dimaksudkan untuk mengumpulkan akan kekayaan sejarah yang ada di Kabupaten Rembang, namun belum tertulis dan terarsipkan.

Dengan diadakannya lomba tersebut, Kabupaten Rembang 10-20 tahun yang akan datang, sudah mampu memiliki para pendongeng yang handal ditingkat nasional. Selain itu, Kabupaten Rembang merupakan kota yang mengandung banyak sejarah yang saling berhubungan dengan kota dan daerah yang lain. Beberapa fakta sejarah membuktikan, banyak keterkaitan sejarah di Kabupaten Rembang dengan daerah dan bahkan antar pulau yang ada di luar jawa. 

Salah satu peserta lomba dongeng tingkat SMA, Amalia Nurhidayati mengaku memilih mengangkat dongeng sejarah dengan tema Ki Sondong dan Ki Makerti. Kisah tersebut, diambil dari dongeng yang berasal dari Desa Sendang Agung Njeruk Kecamatan Kaliori.

Ia mengaku, suka dengan  dunia dongeng, Perpustakaan yang menjadi tempatnya untuk mencari referensi sejarah yang ada di Kabupaten Rembang. Ketika di singgung mengenai Desa asalnya tinggal, Amaliapun mampu memberikan sidikit petikan sepenggal sejarah yang ada di Desanya. 

Para juara satu nantinya akan dikirim untuk mengikuti perlombaan yang sama di tingkat Jawa Tengah, pada bulan April 2017 mendatang. Tercatat dalam kurun waktu  lima tahun belakangan ini, Kabupaten Rembang memperoleh juara lomba mendongeng tingkat Nasional.

Dengan adanya  lomba mendongeng, Kabupaten Rembang dua puluh tahun yang akan datang, banyak calon sejarawan yang mampu mendongeng dengan baik di kanca Nasional. (, ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 4923799284634603854

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::