Tetap Waspada, Rembang Bebas Pemalsuan Obat

-- --
Kepala Dikes Rembang Ali Shofi'i saat memberikan penjelasan kepada media di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang
Rembang-Setelah dinyatakan terbebas dari peredaran faksin palsu, yang sempat beredar di beberapa daerah di tanah air, Selasa pagi (4/9) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Ali Shofi’i memastikan Rembang tidak ada temuan obat palsu.

Hal tersebut berdasarkan, hasil sidak yang dilakukan oleh Dinkes bersama dengan Balai besar POM  Jawa Tengah, yang telah melakukan oprasi di 44 apotek yang tersebar di 10 Kecamatan di Rembang, dan 4 toko obat. 

Selain itu,  Ali Shofi’i mengaku tengah melakukan pengawasan distribusi dan peredaran obat yang ada di Kabupaten Rembang. Ia menambahkan, pembinaan kepada para apoteker menjadi harapan, untuk menangkal peredaran obat palsu di Kabupaten Rembang.

Meski hasil oprasi pasar, yang dilakukan oleh Dinkes bersama Balai besar POM Jawa Tengah, tak ada temuan obat palsu dan faksin palsu, namun, pihaknya tetap menghimbau untuk tetap mewaspadai berdarnya obat palsu.

Iya menyarankan, untuk membawa resep dokter saat melakukan pembelian obat diapotek. Setiap pemelian obat, warga dihimbau untuk memerhatikan nomer regestrasi sebagai tanda, izin edar. Selain itu, pemeriksaan fisik obat, nama dan alamat produsen,  menjadi hal penting setiap melakukan pembelian obat. Mengenai tanggal kadaluarsa menjadi hal tererakhir, dimana obat tersebut layak untuk dikonsumsi.

Dikabupaten Rembang ada empat Kecamatan yang tidak ada apotek dan toko obat yang terdaftar di Dinas Kesehatan. Diantaranya Kecamatan Gunem, Bulu, Kaliori, dan  Sumber. Melihat kondisi seperti ini, warga patut mewaspadai peredaran obat palsu (ASMUI)
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 208484837900761916

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::