Tingkatkan Gemar Ikan, Masak Ikan Diperlombakan

-- --
Janu peserta lomba yang mewakili SMP Nawawiyah Tasik Agung Kecamatan Rembang Kota
Rembang - cbfmrembang.com, 30 kelompok yang terdiri dari 2 orang, mengikuti lomba memasak menu olahan ikan yang digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupatan Rembang. Pada Kamis pagi (20/10), puluhan ibu rumah tangga memadati kompleks pendopo musium RA Kartini untuk memasak ikan kakap sebagai menu wajib untuk dijadikan menu keluarga yang berbahan baku ikan.

Janu kelompok lomba yang mewakili SMP Nawawiyah Tasik Agung Rembang menjelaskan, SMP Nawawiyah merupakan satu-satunya sekolah yang mempunyai program gemar ikan yang ada di Kabupaten Rembang. Ia menambahkan, program gemar ikan sudah menjadi bagian kurikulum pendidikan yang ada di Nawawiyah.

Menurut Janu yang merupakan satu-satunya lelaki peserta lomba yang mewakili Nawawiyah memilih menampilkan sarinul atau kepanjangan dari sari ikan trunul, sebagai kudapan atau snack. Ikan kakap sebagai menu wajib masakan keluarga, Janu mengaku akan memasak ikan kakap suwar-suwir, dengan bumbu kuning. Sedang minuman ia bersama satu rekan timnya menghadirkan Timun parut dibumbui dengan selasih dan juga jeruk nipis yang dicampur minuman bersoda untuk mengurangi kolesterol. 

Ketua panitia Bambang menjelaskan, ada dua menu yang menjadi fokus penilaian, diantaranya Kudapan atau snack, yang sudah dimasak dirumah, dan menu keluarga dengan bahan baku ikan kakap yang harus dimasak di lokasi perlombaan.

Setiap Peserta mendapatkan jatah, 1,5 kilogram ikan kakap yang harus dimasak menurut kreatifitas. Selain itu itu setiap peserta akan dinilai sesui dengan standar penilaian yang sudah ditentukan oleh panitia, diantaranya kreatifitas, komposisi, cita rasa, penampilan, kebersihan dan kesesuaian harga. Menurutnya, semua peserta yang diperlombakan terdiri dari Tim Penggerak PKK Rembang, dan juga peserta pengusaha ikan yang sudah menjadi binaan Dinlutkan( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 7344935669269285493

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::