Turun Lahan, Petani Dihimbau Pemakaian Pupuk berimbang

-- --
Peserta sosialisasi pemupukan berimbang di BP Kecamatan Sulang
Sulang cbfmrembang.com, Kelompok tani di anjurkan menggunakan pupuk organik, yang sesuai dengan standart pemerintah Daerah, seperti petroganik yang sudah beredar di pasaran. Menurutnya, petroganik punya banyak keunggulan dalam hal bahan baku dan kaya manfaat berbentuk butiran granul, bebas gulma dan bakteri jahat serta kadar air rendah. 

Hal tersebut di sampaikan bagian pemasaran PT Petrokia Gresik Darusman Putut dalam sosialisasi pemupukan berimbang yang di gelar di aula Balai Penyuluhan Kecamatan Sulang. Penyuluhan dengan menghadirkan peserta dari Kepala desa, penyuluh pertanian lapangan atau (PPL) dan ketua kelompok tani se kecamatan sulang.

Menurut Darusman, pemupukan yang tidak berimbang, dapat menurunkan produktifitas tanah dan tanaman. Jika ini terjadi, tentunya akan berdampak pada produksi pangan di Kabupaten Rembang.

Oleh karenanya, para petani membutuhkan solusi untuk meningkatkan kesuburan tanah, salah satunya melalui pemupukan berimbang agar tanah menjadi subur dan hasil pertanian bisa meningkat.

Darusman menganjurkan, pemupukan yang berimbang sesuai dengan anjuran yaitu, untuk tanaman padi dengan dosis 500 kilogram petroganik, 300 kilogram ponskha dan  200kilogram urea untuk pemupukan setiap satu hektar,

 sedangkan tanaman jagung 500 kilogran petroganik, 300 kilogram ponska, 300 kilogram urea, untuk tanaman cabe dosis yang di butuhkan untuk pemupukan berimbang yakni 2000 kilogram petroganik, 800 kilogram ponska dan 200 kilogram ZA. 

Sumber daya lahan yang semakin kritis yang cenderung terus meluas, menjadi ancaman pencapaian target swasembada pangan nasional. Selain itu, lahan yang semakin kritis akan membuat lahan kurang produktif, tanah menjadi tandus, gundul serta kesuburanya sangat rendah.( heri sugiharto )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 7059154941461197092

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::