Waspadai DBD, siaran keliling desa.

-- --
Mukasanah (Koordinator Promkes UPT Puskesmas Kecamatan   Gunem
Gunemcbfmrembang.com, Memasuki musim penghujan,  jajaran UPT Puskesmas kecamatan Gunem gencar sosialisasikan kesehatan kepada warga yang ada diperdesaan desa . Utamanaya  tentang penyakit Demam Berdarah (DB). Siaran dimulai pada bulan Oktober 2016 dan dilakukan setiap hari Kamis atau Jumat oleh petugas Puskemas.

Koordinator Promosi Kesehatan (Promkes) UPT Puskesmas Kecamatan Gunem Mukasanah mengatakan, sosialisasi kesehatan dilakukan melalui siaran keliling sebagai langkah antisipasi  mencegah terjadinya penyakit it Demam Berdarah (DB).

Himbauan disampaikan kepada warga  agar melakukan gerakan 3M yakni Menguras bak mandi serta menyikatnya minimal seminggu sekali, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas.  Informasi terkait Demam Berdarah (DB) mulai dari penyebab, pengenalan ciri/gejala penyakit, hingga cara pencegahan disampaikan . 

Diharapkan, dengan adanya siaran keliling informasi terkait Demam Berdarah (DB) akan langsung diterima warga sehingga warga bisa menyikapinya. Dengan demikian angka kasus penyakit Demam Berdarah di kecamatan Gunem bisa ditekan.

 Mukasanah menambahkan, dalam kurun waktu Januari s/d Mei  2016 ada 15 kasus Demam Berdarah di kecamatan gunem yang tersebar di enam desa, yakni desa Banyuurip, Gunem, dan Trembes masing-masing empat kasus. Sementara di desa Sendangmulyo, Sidomulyo, dan Dowan masing-masing satu kasus. 

Meskipun angka tersebut tidak setinggi kecamatan lainnya, namun gerakan pencegahan masih harus dilakukan. Selain diadakan siaran keliling, upaya lain guna mencegah Demam Berdarah yakni dengan diadakannya pendampingan oleh Pokjanal (Kelompok Kerja Oprasional) DBD tingkat kecamatan Gunem untuk semua kader yang ada di desa. Tidak ketinggalan, sosialisasi ke sekolah pun juga dilakukan. (Warih Puspita Arum )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 5570183507020111737

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::