200 Juta Pertahun, Perhutani Menanggung Rugi

-- --
Adm KPH Mantingan Toni Kuspuja
Rembang - cbfmrembang.com, Kerugian, yang diakibatkan oleh pembalakan liar di  Kawasan Pemangku Hutan atau (KPH) Mantingan, membuat Perhutani Rembang  diperkirakan menanggung kerugian 200 juta pertahun.

Demikian disampaikan oleh Administratur KPH Mantingan Toni Kuspuja, Senin  siang (31/11), saat ditemui sejumlah awak media. Ia menjelaskan, Saat ini Perhutani  sedang dihadapkan dengan 3 hal, diantaranya, patroli secara rutin, pendekatan kepada masyarakat, dan upaya penegakan hukum bagi pelaku.

Ia menambahkan, setiap tahunnya, kasus pencurian kayu di kawasan hutan KPH  Mantingan mencapai 30 kasus per KPH, dengan jumlah mencapai 200 sampai 300 pohon, dengan total kerugian mencapai 200 juta, bahkan lebih. 

Menurut keterangan Toni, pihaknya sedang mengupayakan patroli secara  prefentif, pada kawasan wilayah yang rawan. Ia menambahkan, ada dua kawasan  dinilai rawan pencurian, diantaranya KPH Kalinanas dan Ngiri dengan luas  wilayah masing-masing 2.500 hektar.

Dalam menanggulangi hal ini, Toni mengaku sedang melakukan sejumlah upaya,  unntuk menekan angka pencurian kayu di kawasan KPH Mantingan, diantaranya,  Patroli secara prefentif dengan kerjasama melibatkan polhut, polres Rembang.  

Selain itu, komunikasi sosial juga sedang digalakkan oleh Perhutani untuk  lebih dekat dengan cara mengadakan bakti sosial di masyarakat, yang ada di  pinggiran hutan.

Selain beberapa langkah pendekatan kepada masayarakat, 35 personel dari  Perhutani KPH Mantingan, juga sedang mengikuti tes untuk bisa membawa senjata api, sebagai upaya pertahanan diri dari ancaman para pembalak liar. 

Sebelum reformasi, perhutani dilengkapi senjata api saat bertugas. Pasca  reformasi seluruh senjata api ditarik oleh kepolisian. Setelah angka pencurian  kembali meningkat, dan pelaku semakin nekat, muncul wacana petugas Perhutani  kembali diperboleh membawa senjata api lagi. (ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 927614664221704143

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::