3 Mundur, Denda 37 Juta Berlaku

-- --

Rembang - cbfmrembang.com, Ada 3 Desa di Kabupaten Rembang, yang sudah dipastikan akan mengembalikan anggaran pilkades yang sudah digelontorkan oleh pemerintah daerah, lantaran salah satu calon ke tiga Desa tersebut diduga mengundurkan diri.

Menurut keterangan panitia Pilkades Kabupaten Rembang, Akhsanuddin ada tiga Desa yang sudah dipastikan akan mengembalikan dana pelaksanaan pilkades yang sudah diberikan oleh panitia pilkades tingkat Kabupaten.

Ia menambahkan, sesuai dengan Perbub Pilkades tahun 2016, bagi calon Kades yang mundur setelah ditetapkan oleh panitia, maka diwajibkan untuk mengganti bantuan keuangan yang sudah diterima oleh panitia setiap Desa. 

"Sesuai dengan aturan yang berlaku, setiap calon mundur setelah ditetapkan, maka berkewajipan untuk mengembalikan uang sebesar yang diterima panitia pilkades disetiap Desa"terangnya.

Menurut Akhsanuddin, ketiga calon yang mengundurkan diri diantaranya berada di Desa Kuangsan Kecamatan Kaliori, Desa Gedangan Kecamatan Rembang Kota, dan Desa Pandangan Wetan di Kecamatan Kragan. Ke 3 calon yang mundur setelah ditetapkan pada H-2 kemarin, diwajibkan mengembalikan biaya pilkades yang sudah diberikan pemerintah daerah, masing-masing 37 juta rupiah.

Akhsanuddin juga menyebut, setiap peserta yang mundur, diwajibkan mengembalikan biaya pilkades, paling lambat H-1 sebelum pelaksanaan pilkades yang akan digelar 30 November besok. Hingga Selasa (29/11) menurut pengakuan Akhsanuddin belum ada calon yang mengundurkan diri yang mengembalikan biaya pilkades. 

Pada tahapan, pilkades tahun ini, tidak ada istilah penyelenggaraan ulang pilkades, meskipun dua calon memperoleh suara berimbang. Untuk menentukan pemenang, suara berimbang, akan dipilih suara terbanyak asal domisili calon. Jika terjadi konflik disetiap Desa, maka panitia diberikan waktu 30 hari untuk melakukan penyelesaian ditingkat Desa.(ASMUI )

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 3114520245760262111

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::