Antisipasi Unras Dampak Pilkades Serentak

-- --
Jajaran Polres Rembang siap antisipasi unjuk rasa anarkhis dampak pilkades serentak
Rembang-cbfmrembang.com, Puluhan massa asal Desa Waru kecamatan rembang melakukan aksi unjuk rasa (unras) tak menerimakan hasil pemilihan kepala desa yang dinilai telah terjadi kecurangan. Gelombang aksi meluas hingga ke Kantor Bupati sebagai sasarannya dan diwarnai tindak anarkhi, Kondisi itu  disikapi oleh jajaran Polres Rembang dengan cara membubarkan secara  paksa.

Kejadian tadi merupakan gambaran simulasi pengamanan pilkades serentak guna kesiapan menyikapi kemungkinan adanya unras anarkhis oleh masyarakat yang tak menerimakan hasilnya. Dilaksanakan sesuai protap yang berlaku dan sebagian diperankan oleh warga dimaksudkan mendekati kondisi riil aksi protes yang biasa terjadi.

Selama berlangsungnya simulasi di halaman Gedung Haji Jalan Pemuda turut disaksikan Bupati Rembang dan Forkopimda, mulai awal hingga tahapan akhir. Tak hanya diikuti aparat kepolisian saja melainkan menyeluruh melibatkan unsur lainnya seperti TNI Kodim 0720 Rembang dan Satgas Damkar.

Ditemui usai kegiatan Kapolres Rembang AKBP Sugiarto katakan, simulasi pengamanan pilkades serentak dilakukan semirip mungkin dengan tindak nyata ketika nanti terjadi unras baik anarkhis atau tidak. Disinggung jika calon yang kalah sebagai penggerak massa diketahui melakukan perbuatan melawan hukum dijawab dengan tegas perlu penyelidikan dan tetap ditindaklanjuti jika memang terbukti demikian adanya. 

Dari evaluasi hasil kegiatan sendiri AKBP Sugiarto berpesan kepada anggotanya agar keseriusan diutamakan, pasalnya masih diwarnai gurauan dalam mengikuti simulasi. Padahal pada kondisi riil nanti dipastikan semua akan panik dan berusaha mencari keselamatan, baik dari pengunjuk rasa maupun aparat keamanan. 

Sebelumnya  di aula lantai 4 Gedung Setda telah berlangsung penandatanganan dan pengucapan ikrar damai pada pilkades serentak  diikuti seluruh calon kades dari 43 desa di 14 kecamatan, Salah satu Poinnya siap terpilih dan tidak terpilih serta menerima apapun hasilnya. Pilkades serentak akan berlangsung tanggal 30 Nopember mendatang.( heru budi s )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 5463368328434928498

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::