Bantuan pipanisasi air bersih bagi ratusan warga desa Kajar dan Pasucen

-- --
Siswa SDN 2 Kajar bangga desanya memiliki  tandon air usai diresmikan 
Gunem-cbfmrembang.com, Ratusan warga Desa Kajar dan Pasucen di Kecamatan Gunem dan Desa Waru Kecamatan Jepon Blora mendapatkan bantuan air bersih yang  diwujudkan pemasangan instalasi penyaluran air/pipanisasi senilai  ratusan juta rupiah.

Peresmian bantuan digelar bertepatan peringatan Hari Pahlawan, Kamis (10/11) di lokasi tandon air yang terpasang di Desa Kajar,  Beroperasionalnya pipanisasi air bersih Secara simbolis dilakukan Dirut PT Semen Gresik  Sunardi Prionomurti  kepada Pj Kades Kajar Samadi disaksikan Bupati Remang Abdul Hafidz, Wabup Bayu Andriyanto dan sejumlah pejabat lain baik dari PT SI, Muspida, Polres dan Kodim serta SKPD terkait berikut Forkopimcam Gunem.

Disela kegiatan Pj Kades Kajar Samidi menjelaskan sekian lama warga setempat kesulitan memperoleh air bersih, terlebih saat musim kemarau. Harus mencari air ke Desa Waru berjarak sekira 1 kilometer dengan cara memikul tempat air/jerigen.

Dengan adanya bantuan pipanisasi ini sambung Samidi tentunya disyukuri oleh warga karena tak lagi susah payah mencari ke tetangga, mulai kini mudah mendaat air bersih di lokasi penampungan. Mekanismenya dari  sumber mata air disedot dengan pompa, ditampung pada bak tandon berkapasitas 5.100 liter yang diperkirakan mencukupi kebutuhan 133 KK total berjumlah 452 jiwa.

Disinggung apakah akan dikenakan tarif per liter dari tiap warga yang mengambil air, Samidi belum bisa menjawab karena hal itu harus diputuskan melalui rembug deso. Hanya saja wacana mengenakan pungutan tetap ada untuk cadangan biaya perawatan peralatan yang terpasang namun pastinya tak bernilai besar agar tak memberatkan warganya.

Dirut PT SI Sunardi dalam sambutannya menyebutkan nilai total bantuan bersumber dana CSR yang disalurkan kali ini sebanyak Rp700 juta di tiga desa penerima. Adapun menyasar juga untuk Desa Waru yang berada di Kabupaten Blora karena air yang disalurkan ke Kajar dan Pasucen memang berasal dari sana. Warga  di tiga 3 desa diminta melakukan  perawatan dan penataan sumber mata air di Desa Waru. 

Sementara itu Humas PT SI Ahmaf Suparno menambahkan  bantuan pipanisasi untuk Desa Pasucen beda dengan di Kajar, sebab KK yang membutuhkan lebih banyak berjumlah 180 dengan jumlah warga 580 jiwa. Jarak dari sumber air sekira 600 meter, ditampung pada tandon berdaya tampung 8.200 liter. ( heru budi s ) 

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 6522780238470385876

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::