Cegah Penyakit Menular Mulai Bibir Pantai

-- --
adanya kantor kesehatan di pelabuhan  Tasik agung pengendalian dan pencegahan penyakit  warga nelayan dapat  diminimalisir
Rembang - cbfmrembang.com, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, dr. H.M Subuh meresmikan Kantor Kesehatan Pelabuhan di Tasik Agung Rembang. Kantor yang berlokasi di bilangan jalan Tamrin Rembang ini, memiliki tugas pokok mencegah masuknya penyakit menular yang ada di Kabupaten Rembang. 

Subuh menuturkan, Kabupaten Rembang memiliki garis pantai sepanjang 64 km, yang dinilai rentan masuknya berbagai penyakit dari jalur tersebut. Ia menambahkan, dengan adanya kantor kesehatan pelabuhan, dapat berkoordinasi dan dapat melaporkan secara aktif kepada pemerintah.

Subuh menambahkan, Kantor Kesehatan harus mampu membantu pemerintah daerah dalam upaya pencegahan berbagai penyakit, yang diutamakan penyakit menular, terlebih saat terjadi banjir. 

“Rembang memiliki garis pantai 64 kilometer, tentu mulai dari kilometer pertama sampai ke 64 ini tidak ada yang jaga dari ancaman penyakit. Contohnya kita harus mencegah penyakit Malaria masuk ke Rembang lagi, karena sudah hilang di kabupaten ini,”imbuhnya.

Pembangunan gedung kantor ini, dimulai dari bulan Oktober 2015 lalu, dengan luas bangunan 221 m² diatas lahan  408 m². Kantor semacam ini juga bisa dijumpai di Kabupaten Tegal, Pekalongan, dan Kabupaten Batang. Selain itu, sejumlah pelabuhan dan bandara, juga memiliki fasilitas gedung kesehatan seperti di pelabuhan Tanjungmas, bandara Bandara Ahmad Yani, Bandara Adi Sumarmo, pelabuhan Juwana.

Sementara itu Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto, mengapresiasi diresmikannya kantor kesehatan pelabuhan di Rembang, karena semakin melengkapi layanan kesehatan di Rembang. Keberadaanya sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam hal pencegahan penyakit dan memudahkan masyarakat di Rembang dalam dalam vaksinasi miningitis.

“Pembangunan kantor kesehatan pelabuhan di wilayah kerja Rembang ini tentunya melengkapi peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Rembang.Untuk itu sesuai dengan Undang-undang nomor 40 tahun 2004 tentang sistem jaminan kesehatan nasional, dimana dalam memberikan pelayanan harus berbicara tentang fasilitas, seperti yang ada disini tentu memberikan kemudahan dan manfaat,”ujarnya.

Pemkab Rembang mulai tahun ini berupaya meningkatkan layanan kesehatan, seperti sarana prasarana kesehatan termasuk pengembangan puskesmas, dan sejumlah fasilitas kesehatan seperti yang ada di di pelabuhan perikanan Tasik Agung Rembang.( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 5272574916570942216

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::