Dugaan Terjadi Pelanggaran Prosedural Pilkades laporkan

-- --
As 1 Sekda Rembang Subakti jamin panwas pilkades akan bekerja optimal
Rembang-cbfmrembang.com, Pilkades serentak di 43 desa di 14 kecamatan hari ini rabu digelar. Sesuai dengan regulasi yang mengatur yakni Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 35 tahun 2016 tentang Tata Cara Pemilihan dan Pemberhentian Kepala Desa, keberadaan panitia pengawas (panwas) hanya dibentuk sebatas tingkat kecamatan. Personel diyakini telah berpengalaman di bidangnya seperti saat bertugas pada pileg, pilpres dan pilkada sehingga tak perlu mendapat bimbingan tekhnis melainkan penyegaran saja untuk bekal bertugas.

Asisten 1 Sekda Rembang Subakti menjelaskan panitia pengawas pilkades dibentuk oleh Camat sebagai Ketua, Sekretaris Kecamatan sebagai Wakil Ketua, Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kecamatan sebagai sekretaris. Untuk anggota meliputi Kepala Seksi Trantibum Kecamatan, Komandan Rayon Militer, Kepala Kepolisian Sektor, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan, dan Kepala KUA Kecamatan.

Lanjut Subakti Terkait penanganan adanya laporan oleh masyarakat atas dugaan terjadi hal tak prosedural dalam  pelaksanaan pilkades serentak 30 nopember , tentu harus ditindaklanjuti secara normatif diantaranya harus tertulis, pelapor menyerahkan copyan identitas diri, ada bukti dan saksi. 

Hanya saja yang perlu dipahami dan perlu dipilah adalah dari jenis informasi pelanggaran yang diterima, jika berupa administrasi menjadi kewenangan bupati dan aspek hukum masuk dalam ranah tugas mereka. 

Ditambahkan, masa tugas panwas berakhir 30 hari setelah pengucapan sumpah/janji kepala desa terplih. Kewajiban termasuk penting ketika mengawal pilkades adalah membuat laporan, mengarsipkan dan mendokumentasikan setiap tahapan yang sudah berlangsung. ( heru budi s)
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 8807020273128609199

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::