Eksploitasi anak, pelanggaran pidana

-- --
Bupati mengukuhkan forum anak kecamatan se kabupaten Rembang 
Rembang-cbfmrembang.com, Anak berhak dan harus memiliki cita-cita yang tinggi, dan anak harus diberi pendidikan yang mengarah pada cita-citanya.  Demikian pula anak tidak boleh dieksploitasi untuk mencari uang, hal tersebut merupakan bentuk pelanggaran pidana.

Hal tersebut disampaikan Bupati Rembang,H.Abdul Hafidz saat memberikan sambutan diacara pengukuhan forum anak kecamatan se kabupaten Rembang di aula Hotel Puri Rembang,Rabu (9/11/2016) malam.

Bupati menyampaikan, sesuai amanat Undang-undang mulai sejak dalam kandungan sampai usia 18 tahun, anak sudah memiliki hak untuk dilindungi. Perlindungan tersebut dilakukan oleh orang tua, masyarakat, pemerintah atau negara. Anak harus memahami hak-haknya. Jika merasa diganggu hak-haknya maka anak bisa memperjuangkannya.

Lebih lanjut Bupati mencontohkan dalam kegiatan operasi ketertiban di Sulang, ditemukan warung kopi mempekerjakan anak dibawah umur. Pihaknya sudah meminta pemilik warkop untuk memulangkannya, jika menolak maka akan dilaporkan ke aparat keamanan.

Terkait untuk memenuhi hak-hak anak perlu adanya penguatan kelembagaan. Pemkab mendorong penguatan Forum Anak di Rembang dengan pengukuhan tingkat kecamatan dan pengurus kabupaten.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Rembang Dwi Wahyuni Hariyati  mengatakan sudah banyak desa ramah anak di wilayah kabupaten Rembang. Unsur di dalamnya ada Kelompok Perlindungan Anak Desa (KPAD) dan Forum Anak Desa.

Di Forum Anak ini,mereka diajari untuk bisa mengambil peran dalam pembangunan di desanya masing-masing. Berani menyuarakan hak-hak anak dan terlibat aktif dalam proses-proses yang ada di desa.

Setelah dikukuhkan Forum anak yang diketuai oleh Meria Prianti asal desa Sanetan Sluke, selanjutnya akan menyusun program kerja, misalnya pencegahan pernikahan anak usia dini, dengan konseling remaja.Pemkab dalam hal ini mendampingi dan mendukung melalui anggaran.(Mufti Affandi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 7681148776576794949

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::