Hujan Turun, Harga Duren Criwik diprediksi Naik

-- --
Durian ceriwik saat musim panen banyak dijual pedagang setempat 
Pancur-cbfmrembang.com, Musim panen durian ceriwik di kecamatan pancur  diprediksi akan menurun mengingat datangnya musim hujan tiba. Pasalnya seiring musim penghujan tiba mengakibatkan bunga dari pada buah durian banyak yang rontok.

Menurut keterangan Jumadi, salah satu petani durian di desa tersebut, kondisi musim hujan akhir-akhir ini bisa mengakibatkan perkembangan bunga  bakal buah durian tidak menempel pada pohonnya. Sehingga produksinya bisa dipastikan turun.

Biasanya durian dalam satu pohon bisa dipanen buahnya satu tahun sekali. Pada sekitar bulan Januari sampai Maret merupakan waktu panen durian.

Pedagang durian asal desa Sendangcoyo Hadi  menuturkan jika produksi durian turun, maka dipastikan harga durian akan mengalami kenaikan secara drastis.

Saat ini pohon durian banyak yang berbunga, apabila cuaca mendukung panen  durian biasanya bulan pebruari, hingga maret. Namun bila datangnya  musim bunga diguyur hujan dipastikan hasil panen bisa menurun. 

Hadi  menyebutkan  harga durian bisa melambung tinggi sekitar 50%-75% dari pada harga biasanya..Pada saat waktu panen harga buah durian bisa mencapai harga  20.000-70.000 perbuah,tergantung dari kualitas dan ukurannya.

Peminat dan penggemar durian  banyak dari berbagai kalangan .Biasanya jika harga durian Ceriwik mengalami kenaikan, sebagian mereka lebih memilih buah durian yang berasal dari Jepara, dikarenakan harganya lebih murah. 

Berbeda dengan para pencinta durian di Rembang dan sekitarnya, meskipun harganya mahal mereka akan tetap berkunjung kedesa Criwik karena ingin mencoba rasa dari buah durian Criwik yang unik, yaitu manis sedikit pahit serta ada warna hitam pada durinya yang menjadi  ciri khasnya.

Soal Pembeli banyak sekali dari luar kota seperti Demak,Tuban danPati. Sebagian dari mereka penasaran dengan keistimewaan dari buah durian Criwik.Menurut mereka buah durian Criwik benar-benar berbeda dari yang lain. 

Sebagai sentra buah durian  di desa Criwik sudah dilengkapi infrastruktur yang menunjang pengunjung yang akan berwisata, bahkan bisa menginap  di desa tersebut. Apalagi dengan dicanangkannya proyek Agrowisata yang akan membuat desa Criwik semakin tersohor. (Mufti affandi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 3434189931686672636

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::