Kurangi penularan TBC lewat penjaringan

-- --
Kader kesehatan dan perangkat desa Grawan terima sosialisasi penyakit TBC
Sumber-cbfmrembang.com, Untuk mengurangi penyebaran penyakit Tubercolusis (TBC) di masyarakat, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) kecamatan Sumber,  Rabu (02/11), menggelar sosialisasi penyakit TBC, di balai desa Grawan. 

Materi yang diberikan  seputar ciri-ciri pernyakit dan pencegahannya dengan  melibatkan  kader kesehatan, perangkat desa dan tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) desa.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPT. Puskesmas kecamatan Sumber- Esti Nursofiati mengatakan sosialisasi dimaksudkan untuk menjaring penderita TBC aktif di wilayah desa Grawan. 

Esti Nursofiati menambahkan kegiatan dilanjutkan dengan penjaringan pasien yang diduga penderita TBC diperiksa dahaknya untuk dicek apakah positif TBC atau bukan.

Apabila positif TBC, maka pasien yang bersangkutan akan dilakukan pengobatan TBC oleh Puskesmas Sumber selama 6 bulan.  Pengobatan harus dilakukan secara rutin, karena apabila dibiarkan, dikhawatirkan kuman Mycobacterium tuberculosis akan menular ke orang lain terutama anak-anak yang daya tahan tubuhnya belum baik.

Esti Nursofiati menyampaikan bahwa  ciri-ciri penderita TBC dapat diketahui dengan batuk lebih dari 2 minggu, berat badan turun, nafsu makan tidak ada, keluar keringat dingin di malam hari tanpa aktifitas dan kadang batuknya disertai darah. Selain didesa Grawan, penjaringan penyakit TBC dilakukan di desa Ronggomulyo dan desa Logung. Berdasarkan data di Puskesmas Sumber, jumlah penderita TBC di tahun 2016 ini sebanyak 28 orang.( Masudi)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 4491085512721514097

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::