Percepat swasembada pangan kucurkan program asuransi dan kartu tani

-- --
kegiatan penyuluhan BKP dan P4K  di Desa Sidomulyo
Kaliori-cbfmrembang.com, Untuk mempercepat program swsembada Pangan Pemerintah telah memprogramkan asuransi dan kartu tani bagi petani di Indonesia. Hal itu disampaikan oleh kepala Badan Ketahanan Pangan, Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BKP dan P4K) kabupaten Rembang- Dwi Purwanto, dalam temu wicara Pemerintah kabupaten Rembang dengan kelompok tani kecamatan Kaliori, di desa Sidomulyo, baru-baru ini.

Dwi Purwanto mengatakan untuk membantu mengentaskan program tersebut petani  bisa mendapatkan asuransi dengan catatan per hektar sawah petani dibebankan iuran sebanyak 36 ribu rupiah.  Nantinya petani akan mendapatkan pengembalian kontribusi 6 juta per hektar dengan syarat sawah petani mengalami kegagalan panen dan kerusakan panennya minimal 75 persen. 

Dwi Purwanto menambahkan penentu jumlah kerusakan area pertanian tidak bisa ditentukan petani sendiri tetapi harus ada rekomendasi dari Pengamat Hama Badan Penyuluh Kecamatan (BPK). Dan asuransi diberikan dalam waktu 1 musim tanam.

Selain itu Pemerintah melalui Kementerian Pertanian menurut Dwi Purwanto juga menggulirkan program kartu tani. Kartu bagi petani khususnya di propinsi Jawa Tengah telah dimulai pada tahun 2015, sebagai pilot projectnya kabupaten Batang. Disusul tahun 2016 ada 15 kabupaten dan 6 kota di Jawa Tengah yang sudah melakukan pendataan persiapan kartu tani. Sedangkan kabupaten Rembang direncanakan atau diagendakan pada tahun 2017 nanti.

Dwi Purwanto menjelaskan kartu tani nantinya mirip kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di perbankkan. Sehingga petani harus hafal nomor PIN. Karena Kartu tani berfungsi untuk menebus pupuk bersubsidi, untuk jual hasil panen petani.

Dwi Purwanto berharap dengan adanya kartu tani nantinya bisa mengkonkritkan data petani yang ada di Indonesia khususnya kabupaten Rembang. Karena saat ini data petani antara BKP dan P4K, Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dintanhut) dan Badan Pusat Statistik (BPS) berbeda datanya.( Masudi )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 9066509578966083008

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::