Warga Sluke Diajak Melek Politik.

-- --
Yel-yel barisan pendukung terus diteriakkan saat cakades  giliran sampaikan visi-misi 
Sluke-cbfmrembang,Panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) Sluke Kecamatan Sluke mengusung inovasi dalam pelaksanaan pesta demokrasi skala kecil di wilayahnya yakni penyampaian visi-misi disertai tanya jawab kepada kandidat calon kades. Upaya yang dilakukan bertujuan sebagai pembelajaran berpolitik dengan benar meski dalam tataran memilih kades agar yang bersangkutan juga mempunyai acuan dalam bekerja setelah nanti terpilih.

Kegiatan yang bisa disebut mengajak masyarakat setempat supaya melek politik digelar di Balai Desa Sluke, pada Minggu (27/11/2016) pagi mengambil tahapan masa kampanye yang dijadwalkan berlangsung dua hari sampai dengan Senin (28/11/2016) malam. Kandidat nomor urut 1 Tulus Priyo Santoso hadir disertai timses dan puluhan orang pendukung. sementara cakades nomor urut 2 Japari datang didampingi istri dan beberapa orang kerabat.

Kegiatan dibuka oleh ketua panitia pilkades Sumarwan dilanjut penyampaian visi-misi secara bergantian oleh dua orang cakades, masing-masing dibatasi waktu maksimal 15 menit. Disambung sesi tanya jawab program kerja yang mesti dijawab secara spontan dan dalam hal ini dilontarkan oleh Ketua BPD Soni Rahsanto selaku perwakilan warga. 

 Sumarwan mengatakan ide menggelar adu visi-misi dua orang cakades dilanjut tanya jawab berkaitan program kerja merupakan keinginan bersama panitia. Dimaksudkan untuk mengawali masa kampanye dengan memberikan kesempatan yang sama pada dua kandidat mengenalkan rencana kerjanya.

Selain itu bertujuan agar kehidupan berpolitik di desa lebih maju, sebab sebelumnya di ajang yang sama tak pernah diadakan dan dahulu kades terpilih jarang yang sudah menyiapkan kerangka kerja selama memimpin. Dengan adanya hal baru ini diharapkan memberi angin segar dan berdampak pada perubahan menjadi lebih maju selaras kades terpilih nanti telah menyiapkan visi-misi yang diperluas dalam RPJMDes selama 5 tahun periode kepemimpinan diwujudkan pemerataan pembangunan di Desa Sluke.

Sementara Soni Rahsanto mengatakan tahapan kampanye diisi penyampaian visi-misi dan tanya jawab menurutnya efektif dilakukan karena apa yang disampaikan mereja berdua akan menjadi landasan utama ketika memulai tugas bagi siapa nanti yang terpilih sebagai kades. Selain itu muatan rencana kerja yang diusung pada agenda ini akan dipegang oleh BPD yabg nantinya dijadikan acuan menegur ketika melenceng dari arah kebijakan tak sesuai visi dan misinya ketika berkampanye. 

Lanjut Soni Desa/Kecamatan Sluke terdiri 19 RT dan 4 RW yang pada pilkades serentak tanggal 30 November besok tercatat dalam daftar pemilih tetap diikuti 1.576 orang. Untuk pencoblosan hanya disediakan 1 TPS ditempatkan di Balai Desa. 

Hadir pada acara tersebut Camat Sluke Mardiyanto yang sekaligus Ketua Panwas Pilkades berikut anggotanya. Selama kegiatan berlangsung juga dipantau dan dijaga ketat oleh aparat kepolisian, TNI dan Linmas, karena dihadiri pendukung yang banyak. ( heru budi s)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8251293390731461322

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::