243 Bangunan Di Lasem Didaftarkan Sebagai Cagar Budaya Nasional

-- --
Penyerahan penghargaan oleh anggota DPRD Rembang, didampingi pejabar terkait
Lasem - cbfmrembang.com, Sebanyak 243 bangunan dan benda bersejarah di Kecamatan Lasem, sudah terdaftar di balai pelestarian cagar budaya di Jakarta dan siap untuk dilakukan ferifikasi oleh benda bersejarah dan kepurbakalaan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah Tri Hartono. 

Menurutnya, Kabupaten Rembang mempunyai banyak sekali benda dan bangunan serta tempat bersejarah yang patut dijadikan aset cagar budaya. Kecamatan Lasem, disebut Hartono sebagai salah satu Kecamatan yang mempuanyai aset terbesar terhadap banyaknya benda dan bangunan yang bernilai sejarah, dan sudah banyak ditemukan  keberadaannya. 

"Kalau yang di Lasem itu, seperti yang disampaikan ada 243 bangunan, yang sudah didaftarkan. Kemudian dari tim ahli itu yang akan menentukan apakah, masuk cagar budaya atau tidak" tutur Hartono.

Pada Kamis pagi (08/12) sebanyak lima orang mendapatkan penghargaan pelestarian cagar budaya di wilayah Kecamatan Lasem. Kelima orang tersebut diantaranya, Pengasuh Pondok Pesantren Kauman KH Zaim Ahmad Musthofa Ma'shum di Desa Karangturi, Soebagyo pemilik dan perngelola bangunan rumah candu Desa Soditan dan Omah Londo Desa Gedongmulyo, Rudi Hartono pemilik pengelola bangunan Rumah Tiongkok Kecil, Sigit Witjaksono pemilik dan pengelola rumah batik Lasem di Desa Babagan. dan Djunaidi Rusli pengelola rumah tinggal di Desa Babagan.

Selain menerima penghargaan, kelima orang tersebut juga mendapatkan dana  kompensasi atas biaya perawatan yang dikeluarkan sendiri, untuk merawat  bangunan yang dinilai sebagai benda yang termasuk cagar budaya tersebut.

Sebelum Rembang, Balai Pelestarian Cagar Buda Provinsi Jawa Tengah, sudah memberikan tiga penghargaan kepada tiga Kabupaten se-Jateng, terkait pelestarian cagar budaya. Diantaranya, Kabupaten Surakarta, Kabupaten Semarang, dan Salatiga  

Menurut Undang-undang No 11 tahun 2010 tentang cagar budaya, kewenangan untuk menetapkan sebuah kawasan atau benda sebagai cagar budaya merupakan kewenangan dari Bupati atau Walikota.( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 439328227858315329

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::