6000- an JKN KIS PBI Belum Tercaver

-- --

Rembang - cbfmrembang.com, Untuk membantu meringankan beban warga yang kurang mampu ( miskin) dalam mendapatkan pelayanan dibidang kesehatan, Pemkab Rembang Tahun ini telah mengalokasikan  sekitar 17 ribuan jiwa warganya  untuk mendapatkan program Jaminan keshatan nasional KIS penerima bantuan Iuran (JKN Kis PBI).

Menurut keterangan Kepala BPJS Kabupaten Rembang haryanto dari Jumlah alokasi kuota yang diberikan sebanyak 17 ribuan yang ditanggung pemkab Rembqang , baru 
sekitar 11 ribuan yang baru didaftrakan,  dan masih menyisakan kuota sebanyak  6000 an peserta masyarakat miskin yang belum mendaftarkan jaminan. 

Ditambah kuota APBN di Rembang ada  sekitar 387 ribuan.  Sehingga Dari proporsi jumlah penduduk dikabupaten Rembang sekitar 600 ribuan terdata hampir 400 ribuan atau sekitar 60 pesern ditanggung oleh negara belumlagi ditanggung oleh  APBD 1 Maupun APBD 2.  

Haryanto menyebutkan, hingga saat ini  minat  peserta JKN Kis di rembang sudah mencapai angka  74,7 persen dan  mayoritas pesertanya sekitar 60 persen pesertta PBI. Sementara diluar PBI (Non PBI) ada peserta PNS Polri, badan usaha dan mandiri dan  jumlahnya sangat sedikit.

Terkait kendala  Minat warga Rembang mendaftarkan JKN Kis sebagian masyarakat kadang masih mengabaikan program tersebut, karena merasa belum butuh. Ada anggapan sakitnya ringan, dari segi pembiayaan cukup murah karena cukup berobat  ke puskesmas  dan terjangkau, atau mungkin beli obat di toko  sudah dianggap cukup. Padahal lebih aman berobat sesuai prosedur medis. Kondisi ini belum belum menjadi budaya dimasyarakat.

Khusus  warga yang  tidak mampu harapannya proaktrif mendaftarkan kartu jaminan kesehatan, warga  bisa  segera memprosesnya  melalui desa, lalu  diajukan ke dinas sosial dan secepatnya akan dibuatkan kartunya. Karena khsusus peserta JKN kis PBI saat ini di rembang ditanggung negara, baik dari APBN, APBD 1 maupun APBD II. (Mufti Affandi)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 5786396948490390645

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::