Berlakukan Sistem Online Pembuatan SIM

-- --
Layanan cepat  SIM di Makolantas  Polres Rembang (foto,cbfmrembang.com)
Rembang- cbfmrembang.com, Sistem Surat Izin Mengemudi (SIM) online yang diresmikan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, mulai diterapkan dijajaran Satlantas Polres Rembang, agar  masyarakat lebih mudah dalam memperpanjang masa berlaku, dan pembuatan SIM baru.

Pada sistem Pembuatan Sim online masyarakat bisa melakukan di semua wilayah, tanpa harus sesuai dengan domisili/alamat di KTP.Namun syarat utamanya adalah pemohon  sudah mempunyai e-KTP, sebab digunakam sebagai sumber data. 

Menurut keterangan Kasat Lantas Polres Rembang, AKP Muh Rikha Zulkarnain kunci dalam pelaksanaan sistem online adalah kesiapankoneksitas jaringan dan data base antara Satlantas dan seluruh SKPD Kependudukan. Untuk wilayah Rembang  sendiri sudah berjalan sejak tanggal 16 Desember kemarin hanya saja tak hafal berapa orang yang sudah mengurus via cara baru ini.

AKP Muh Rikha juga menyebutkan  alur penerbitan perpanjang dan SIM baru secara online meliputi pemohon melakukan pendaftaran melalui web registrasi SIM online di situs sim.korlantas.polri.go.id disusul melakukan pembayaran melalui teller, ATM, atau EDC bank BRI.Berikutnya mengurus dan membawa surat keterangan kesehatan dokter ke lokasi gerai Satpas, gerai, SIM keliling yang telah dipilih saat registrasi melalui website.

Tahap di internal Satlantas tambah AKP Muh Rikha yaitu petugas akan melakukan pengecekan data yang telah diinput di website, selanjutnya identifikasi dan verifikasi berupa pengambilan foto, sidik jari dan tanda tangan. Untuk pengurusan SIM baru prosesnya sama saja dengan sebelumnya yakni mengikuti uji terori dan praktik, jika lulus maka akan diterbitkan kepada pemohon. ( heru budi s )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 5260744627729725137

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::