Dialokasikan 11 500 Masih Kurang, Pemohon JKN KIS Terus Bertambah

-- --
(  foto : istimewa )
Rembang - cbfmrembang.com, Kepala BPJS Cabang Pati dr. Rahmad Widodo menduga, masih ada keluarga mampu di Kabupaten Rembang, yang iuran setiap bulannya masih dibayar pemerintah. Hal tersebut dikatakan olehnya, saat penandatanganan MOU antara BPJS kesehatan cabang Pati, dengan Pengurus Cabang NU Rembang dan Cabang NU Lasem, belum lama ini.

Rahmad menyebut, meski di Kabupaten Rembang sudah dialokasikan 11.500 peserta kartu JKN KIS yang preminya dibayar dengan APBD 2, pada kenyataannya jumlah tersebut masih kurang. Setiap tahunnya jumlah pengajuan kepesertaan JKN KIS yang dilakukan keluarga miskin di Rembang, jumlahnya terus bertambah.

Kami hingga saat ini masih berkoordinasi bersama dengan pemerintah, untuk menata kelompok yang memang belum tertata. 

"Mohon maafnya, kebanyakan peserta labih ingin dianggap keluarga miski. Dinamika yang ada di Kabupaten Rembang, masih belum bisa di petakan dengan jelas. Kadang-kadang yang mampu masih ikut yang di bayari oleh negara" jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, Ali Shofi'i menjelaskan jika jumlah kepesertaan BPJS kesehatan di Kabupaten Rembang, angkanya sudah menyentuh 74 % meski jumlah tersebut diatas Kabupaten sekitar Rembang, tetapi jumlah tersebut masih jauh dari harapan, mengingat pemerintah memberikan target, dimana seluruh penduduk harus sudah masuk dalam kepesertaan BPJS.

Ia menambahkan, pada tahun 2019 dipastikan 600 ribu lebih penduduk di Kabupaten Rembang diharuskan sudah menjadi peserta BPJS. Selain mendorong masyrakat, Rembang pentingnya menjadi peserta BPJS, pemerintah Kabupaten Rembang, juga tengah menambah, sekaligus memperbaiki setiap fasilitas kesehatan disetiap Kecamatan. 

Pembangunan fasilitas kesehatan seperti puskesmas, memurut Ali Shofi'i merupakan jawaban selama ini yang menjadi keluhan masyarakat. Menurut Ali Shofi'i standar puskemas di setiap Kecamatan mempunyai fasilitas rawat inap dan laboratorium kesehatan. ( ASMUI )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 902570733088536458

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::