Genapi 700 Ribu Pohon, 3500 Batang Pohon Kembali Ditanam

-- --
Bupati Rembang Saat melakukan penanaman  pohon di pantai balongan Kecamatan Kragan

Kragan - cbfmrembang.com, Setelah mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah sebagai Kabupaten atau kota yang peduli terhadap alam, Pada Jum'at pagi (09/12) pemerintah Kabupaten Rembang melalui dinas pertanian dan kehutanan, melakukan aksi penanaman 3500 batang pohon disepanjang pantai balongan di Desa Balong Mulyo Kecamatan Kragan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang, Suratmin menjelaskan, ada 3500 batang bibit cemara laut, 100 pohon kelapa dan digenapi dengan 20 bibit mangga.

Ia menambahkan, hingga menjelang akhir tahun 2016, tercatat sudah ada 700 ribu pohon yang sudah berhasil ditanam di Kabupaten Rembang. Tuju ratusan ribu pohon tersebut, tersebar maulai dari sepanjang Kecamatan Kaliori, hingga membentang di Kecamatan Sale hingga Sarang dan ditutup di Kecamatan Kragan.

"Hingga tahun 2016 tahun ini, sudah ada sekitar 700 ribu pohon yang sudah tertanam di Kabupaten Rembang, setelah ditambah dengan 3500 cemara laut, 100 bibit kelapa, dan 20 pohon mangga"Beber Suratmin.

Sementara itu Bupati Rembang Abdul Hafidz menjelaskan, jika menanam pohon sudah menjadi program nasional yang sudah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, dengan semilyar pohon yang harus tertanam di bumi Indonesia. Hafidz berpesan,  peremajaan pohon harus senantiasa dilakukan sebelum didilakukan penebangan.

"Kalau pohonnya banyak nanti bisa menambah umur. Menanam pohon merupakan progran yang sudah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo yang mencanangkan satu milyar pohon"Jelasnya.

Dalam waktu yang bersamaan, dalam rangka memperingati Hari Nusantara, Pemkab Rembang juga memberikan penghargaan kepada 12 kelompok yang terdiri kelompok usaha bersama dan juga UMKM hasil laut.Dinataranya, KUBE Poklahsar Dua Ikan Desa Purworejo - Kaliori. 

KUBE Rukun Abadi Desa Pantiharjo Kecamatan Kaliori sebagai KUB berprestasi di bidang supply alat tangkap, UMKM Mina Food desa Magersari Rembang sebagai UMKM berprestasi di bidang pengolahan hasil perikanan, Poklahsar Dua Ikan Desa Purworejo Kaliori sebagai Poklahsar berprestasi di bidang pemasaran hasil perikanan.

Selanjutnya Poklahsar Permata Mandiri sebagai Poklahsar desa Magersari sebagai Poklahsar berprestasi di bidang Diversifikasi pengolahan hasil perikanan. Pokdakan Tambak Makmur desa Tritunggal Rembang sebagai Pokdakan berprestasi di bidang pembuatan pakan mandiri. Pokdakan Sidodadi Maju desa Pasar Banggi sebagai Pokdakan berprestasi di bidang kinerja kelompok dan kelembagaan.

HSRT Mulyo Utomo desa Sumber Sari Kecamatan Kragan sebagai Hachery skala rumahbtangga berprestasi di bidang penerapan cara pembenihan ikan yang baik. Kelompok Rantai Mas Kartini desa Pasar Banggi Rembang sebagai kelompok berprestasi di bidang pelestarian lingkungan pesisir. 

Kemudian Pokmaswas Sidomulyo desa Pasar Banggi Rembang sebagai Pokmaswas berprestasi di bidang pencegahan kerusakan ekosistem pesisir. Koperasi Garam Makmur desa Tambakagung Kaliori sebagai koperasi berprestasi di bidang pemberdayaan usaha garam rakyat. (ASMUI)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8091274016638170441

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::