Jelang Tahun Baru, Rembang Raih Penghargaan Membanggakan

-- --
( foto : istimewa )
Rembang - cbfmrembang.com, Menjelang tutup tahun 2016, Kabupaten Rembang mendapatkan penghargaan Parahita Ekapraya atau (APE). Penghargaan tersebut merupakan penganugrahan yang diberikan kepada Kabupaten Rembang, yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kala di istananya, dan diterima oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz pada hari Rabu (21/16) belum lama ini. 

Pada memontum ini sekaligus mengukuhkan Rembang, sebagai Kabupaten atau kota pertama di Indonesia, yang berhasil meraih penghargaan Parahita Ekapraya tingkat tertingi, yaitu tingkat mentor, bersama empat kota besar lain se Indonesia.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kabupaten Rembang, Dwi Wahyuni mengatakan, penghargaan tersebut diberikan kepada lembaga, Gubernur, Bupati dan Walikota yang peduli tentang pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Ia menambahkan, Kabupaten Rembang sendiri sudah menerima pengahargaan serupa mulai tingkat terendah yaitu pratama, pada tahun 2007 silam.

Wahyuni menyebut, jika penghargaan tersebut, diberikan dengan beberapa level dan tingkatan. Mulai yang paling rendah Pratama, madya, utama dan tertinggi tingkat mentor seperti yang diperoleh saat tahun ini. Mulai tahun 2007 Kabupaten Rembang pernah mendapat penghargaan tingkat pratama dua kali, madya dan utama tiga kali, dan mentor, sekaligus mengukuhkan Rembang sebagai kabupaten pertama yang mendapatkan penghargaan Parahita Ekapraya tingkat mentor.

"Penilaian APE itu sendiri mulai dari komitmen pimpinan dari sisi kebijakan, implementasi dan partisipasi masyarakat harus berjalan bersama. Sedangkan Bupati melalui regulasi Perdanya, kemudian Kepala Desa juga dengan Perdesnya dalam hal pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,"terangnya.

Di Kabupaten Rembang sendiri memiliki gugus tugas Kabupaten atau PUG yang diketuai oleh BAPPEDA. Dari penganggaran sampai pelaksanaan kegiatannya sudah tertata dan terstruktur pada prosesnya.

Keberhasilan pemberdayaan perempuan di kabupaten Rembang, juga tak lepas dari upaya pemerintah dan seluruh elemen yang ada dalam melindungi hak-hak perempuan dan anak. Pasalnya hal itu juga menjadi salah satu kriteria penilaian.

Selain Kabupaten Rembang ada empat kabupaten Kota yang juga menerima APE dengan kategori mentor. Diantaranya Kota Bandung, Denpasar, Surabaya dan Kabupaten Badung provinsi Bali.
Dalam tiga tahun berturut-turut, Rembang berhasil menyabet gelar bergengsi itu, pada tahun 2012, 2013 dan 2014 dengan kategori utama. 

Sementara, kategori Pratama dan Madya, berhasi diraih pada tahun 2007, 2009, 2010 dan 2011. Sehingga, secara total keseluruhan, Kabupaten Rembang telah meraih 7 kali penghargaan APE dengan berbagai kategori, mulai yang paling rendah yang tertinggi bersama empat kota besar di Indonesia seperti Bandung dan Surabaya. ( ASMUI )

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 5979160187078683518

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::