Kades Terpilih Dilantik Pekan Ketiga Desember

-- --
BPD diberi waktu sepekan melaporkan hasil pilkades guna penetapan secara hukum calon kades terpilih oleh Pemkab Rembang
Rembang-cbfmrembang.com, Panitia Pemilihan Pilkades Kabupaten tak mencatat adanya konflik maupun protes atas penyelenggaraan dan hasil pilkades serentak tahun 2016 yang berlangsung Rabu (30/11/) di 43 desa pada 14 kecamatan. Masing-masing kini telah mempunyai calon kepala desa terpilih dan  tinggal dilantik untuk memulai secara resmi bekerja.

Kasubag Pemerintahan Desa pada Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang, Gunari yang juga salah satu anggota Panitia Pemilihan Kabupaten mengatakan,  hingga berakhirnya tahapan pemilihan tak ada satupun laporan yang diterima terkait protes penyelenggaraan dan hasilnya. Hal ini tentu patut disyukuri karena tak ada beban untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.

Gunari sebutkan hasil pilkades serentak langsung dibuat berita acara yang diserahkan pada BPD dan dimintakan tanda tangan camat. Untuk selanjutnya dalam waktu sepekan harus dilaporkan ke Panitia Pemilihan Kabupaten untuk diteruskan pada Bupati Rembang guna dasar menerbitkan SK tugas. 

Lanjut Gunari tahap berikutnya tanggal 5 Desember mendatang ke-43 cakades terpilih diundang ke Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang guna mendapat penjelasan terkait kebutuhan pelantikan. Pasalnya nantinya akan mengenakan seragam pakaian dinas upacara pelantikan (PDUP) yang harus sama bentuknya hanya berbeda antara untuk cakades  pria dan wanita dimana pengadaan menjadi tanggungan pribadi dengan nominal antara Rp2-2,5 juta per orang.

Disinggung tingkat partisipasi, Gunari tak ingin berpolemik apa penyebab adanya pemilih yang tak hadir saat kemarin  pencoblosan. Mingkin saja merasa kuramg sreg dengan kandidat, sebab calon yang didukung gagal maju bersaing atau tak mendukung cakades yang maju karena masih ada pertalian darah bahkan merupakan pasutri. 

Gunari tambahkan jika proses pemberkasan SK berjalan lancar dan cepat, diperkirakan dapat berlangsung pada pekan ketiga bulan ini. Adapun tempat pelaksanaan nantinya dipilih di Pendopo Museum RA Kartini. 

Dari hasil rekapitulasi raihan suara pilkades di 43 lokasi tercatat tingkat partisipasi variatif, tertinggi di Bancang Kecamatan Sale mencapai 99,3% dari DPT 1.334 pemilih tak hadir hanya 10 orang. Sedangkan terendah di Desa Tritunggal Kecamatan Rembang sebesar 74,85% dari DPT 1.157 pemilih tak hadir 291 orang. ( heru budi s)
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 4177140036890266645

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::