Menangi Lomba DME Jadi Tujuan Study Kerja

-- --
Peserta study kerja saksikan pengelolaan bio gas di Desa Karasgede Lasem 
Lasem-cbfmrembang.com, Berhasil kembangkan potensi bio gas ke aneka sumber energi di wilayahnya, menghantarkan Desa Karasgede Kecamatan Lasem menyabet gelar juara 3 lomba desa mandiri energi pada tahun ini yang diadakan oleh Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah.. 

Capaian prestasi tersebut ternyata mendapat perhatian dari Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Provinsi Sulawesi Selatan, kemarin berkunjung ke desa tersebut guna melakukan study kerja.

Berada di Desa Karasgede, rombongan tamu yang dipimpin Kabid Pemberdayaan SDA Provinsi Sulsel B.Sunardi disambut oleh Kepala BPMPKB Kabupaten Rembang Dwi Wahyuni, Plt Camat Lasem Kukuh Purwasana dan Kades Karasgede Suyoto. Kurang lebih empat jam berada di lokasi guna menyaksikan dari dekat pengelolaan bio gas dan pemanfaatannya, rombongan tamu kemudian meninggalkan tempat.

  Sarpin selaku penggagas bio gas berbahan limbah kedelai hasil produksi tahu-tempe yang ada di wilayah setempat dijanjikan  akan diundang menjadi nara sumber ke Provinsi Sulsel. Untuk mengenalkan inovasi dan kreatifitasnya itu yang  juga akan dikembangkan di daerah asal rombongan.

  Plt Camat Lasem Kukuh Purwasana mengatakan rombongan tamu berjumlah 30 orang, selain wakil dari SKPD juga meliputi tenaga penelitian dan pengembangan tekhnologi tepat guna serta  pegiat lingkungan hidup dari Provinsi Sulsel. Kedatangannya didasari ketertarikan pengembangan bio gas di Desa Karasgede yang multi fungsi tak sekedar untuk satu kegiatan saja. Terakhir diketahui dimanfaatkan oleh 10 warga setempat untuk penerangan, memasak dan memanaskan lilin di kediaman pembatik. 

  Menurut Kukuh Purwasana kedepan semua potensi desa akan digenjot dan diinginkan mampu menjadi tujuan kunjungan wisata yang variatif wujudnya. Ada heritage kawasan pecinan, kelenteng, situs peninggalan Majapahit dan keaneka ragaman seni-budaya asli kuno di wilayah setempat lainnya yang masih dilestarikan.

  Sementara pimpinan rombongan study kerja dari Pemprov Sulsel, B Sunardi mengatakan tujuan melakukan study kerja ke Desa Karasgede Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang adalah ingin melihat langsung  penemuan tekhnologi tepat guna secara mandiri berbentuk bio gas dari limbah kedelai. Hasilnya akan dijadikan kajian untuk dikembangkan di wilayahnya.

  Seperti pernah diberitakan. Kabupaten Rembang yang kali pertama mengikuti lomba desa mandiri energi tahun 2016  dalam hal ini diwakili Desa Karasgede Kecamatan Lasem, ternyata meraih gelar juara 3 dan keberhasilan ini pantas ditiru oleh desa-desa lainnya. Program DME berbasis bio gas bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dalam penyediaan energi alternatif di desa dengan memanfaatkan potensi limbah nabati atau non nabati lain yang diadakan secara mandiri. ( heru budi s )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 4494351364446679289

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::