Pelantikan Kades Terpilih Berbasis Kesetaraan Gender

-- --
Dua 'Srikandi' kades baru ditempatkan barisan depan
Rembang- cbfmrembang.com, Agenda pelantikan 43 orang kades baru terus disiapkan oleh Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang selaku pihak yang punya hajat. Pada Kamis (16/12/2016) semua kades terpilih dihadirkan di Pendopo Museum Kartini yang dijadikan tempat pelantikan, guna mengikuti geladi bersih.

Kasubag Pemerintahan Desa pada Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang, Gunari selaku koordinator kegiatan pelantikan secara sabar mengenalkan urutan prosesi yang mesti dijalani kepada 43 kades terpilih. Setelah sekira satu jam semua telah lancar menjalani prosesi yang diatur, dilanjutkan mengecek ejaan nama agar tak ada kesalahan dalam penulisan dalam SK Bupati.

Gunari Saat dikonfirmasi memastikan  kesiapan pelantikan sudah mencapai 90% lebih, khususnya berkaitan kelengkapan pribadi ke 43 kades baru, menyisakan waktu pelantikan saja. Disinggung penempatan dua wanita terpilih kades berada di barisan depan yaitu Hanik Setiyawati dari Narukan Kecamatan Kragan dan Yayuk Widayanti asal Jinanten Kecamatan Sale disebutnya hal tersebut disengaja sebab kegiatan juga harus menerapkan kesetaraan gender.

Untuk menjaga kesakralan kegiatan sambung Gunari, pihaknya selaku koordinator telah menetapkan bahwa ruangan pelantikan hanya terisi Bupati, Wakil Bupati dan undangan khusus. Sedangkan kades hanya disertai seorang pendamping yaitu istri/suaminya saja.

Ditambahkan, dua orang yang ditunjuk secara simbolis mendapat penyematan atribut dan menandatangani berita acara pelantikan adalah Eko Sugeng Waluyo Kepala Desa Pandangan Wetan Kecamatan Kragan dan Yayuk Widayanti Kepala Desa Jinanten Kecamatan Sale. Hal beda dari kegiatan sama hasil piljades serentak tahap 1 kemarin adalah SK langsung diserahkan oleh Bupati kepada 43 kades baru sementara dahulu diberikan oleh Bagian Tapem seusai acara.

Hal lain dan tak biasa  esok hari dari pelantikan 43 kades terpilih adalah seusai kegiatan turut dilantik pula Ketua Tim Penggerak PKK Desa yang baru sesuai masing-masing wilayah pelaksana pilkades serentak kemarin. Sedianya terpisah dan digelar di Pendopo Kecamatan, namun dibarengkan yang mana pelantikan masih tetap dipimpin oleh tiap Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan.( heru budi s )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 1955882565513731728

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::